telkomsel halo

ITB Siapkan Otak untuk e-Blusukan Jokowi

11:58:29 | 27 Sep 2014
 ITB Siapkan Otak untuk e-Blusukan Jokowi
Suhono Harso Supangkat (kiri/dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tak lama lagi akan dilantik menjadi pemimpin di negara ini. Salah satu konsep pengawasan yang digadang-gadang mantan Gubernur DKI Jakarta ini adalah e-blusukan untuk menghemat anggaran.

“Kami ingin mendukung e-blusukan dengan membuat “otak” dari smart city yaitu smart system platform (SSP). Soalnya semangat e-blusukan itu ada di smart city,” ungkap Guru Besar ITB sekaligus inisiator Smart City Indonesia di sela-sela International Conference on ICT for Smart City Suhono Harso Supangkat dalam rilisnya.

Dijelaskannya, platform ini bisa dipakai dalam suatu virtual operation room dengan infrastruktur cloud computing dan sensor (blusukan) komponen kota, kemudian diproses di cloud agar di mengerti (understanding) oleh stakeholder kota yang selanjutnya melakukan "action" untuk solusi persoalan kota.

“Beberapa kota telah tertarik untuk menggunankan produk ini. Kita harapkan Presiden Jokowi juga mau mengadosi ini untuk e-blusukannya,” kata salah satu kandidat Menkominfo untuk kabinet 2014-2019 ini.

Menurutnya, komponen “otak” dari smart city memegang peranan penting karena merupakan gabungan perangkat keras, lunak dan culture. ITB telah mengeluarkan suatu model kematangan smart city, yang bisa dipakai untuk melihat sejauh mana tingkat kesiapan atau keberadaan kota untuk mencapai kondisi kota Cergas (Cerdas dan Gegas).

Tingkat Kematangan ini dibuat leveling mulai dari : pertama. Adhoc alias ikut-ikutan tanpa perencanaan. Kedua, initiatives atau mempunyai master plan yang akan dijalankan.

Ketiga, scattered (sudah mulai dibangun tapi masih sektoral). Keempat,  integratif (sudah mulai dilakukan integrasi). Kelima, smart alias  sudah dilakukan pembangunan ekosistem smart city.

Pengukuran ini masih dalam konteks Digital Smart City atau lebih soft infrastruktur. Untuk level berikutnya (second curve), dibangunnya hard infrastruktur seperti transportasi publik, energi, air dan lainnya untuk kenyamanan, keamanan dan keberlanjutan pembangunan ekonomi kota.

“Tahun ini ITB dan Telkom Grup tengah bekerja sama melakukan riset tentang Kematangan dan kebutuhan smart city di beberapa kota. Dibuka bisnis modelnya dengan beragam cara,  bisa sewa, beli, atau lainnya,” pungkasnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year