telkomsel halo

Lepas Saham Treasury, XL Raup Rp 1,32 triliun

11:32:38 | 03 Sep 2014
Lepas Saham Treasury, XL Raup Rp 1,32 triliun
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  –  PT XL Axiata Tbk (XL) melepas seluruh saham treasury yang dimilikinya guna memperkuat struktur keuangan perseroan.

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Keuangan XL Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengungkapkan, perseroan resmi melepas kepemilikan saham treasury sebesar 231.114.140 lembar saham.

Jumlah saham yang dilepas tersebut mewakili sekitar 2,7% dari total kepemilikan saham yang dimiliki oleh XL sampai dengan periode 29 Agustus 2014.

Penjualan saham treasury ini dilakukan oleh XL dalam rangka memperkuat posisi keuangan perusahaan. Penjualan saham dilakukan di pasar terbuka baik kepada investor lokal ataupun investor asing, dengan penawaran harga saham sesuai dengan rata rata harga pasar yakni Rp. 5.708 per lembar.

Nilai tersebut merupakan nilai diatas harga minimum yakni Rp.5.280 per lembar saham.Alhasil, dana segar yang diraup anak usaha Axiata ini sekitar Rp 1,32 triliun.

”Kami berharap melalui aksi pelepasan saham treasury ini, akan dapat mendorong penguatan posisi keuangan perusahaan di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang semakin ketat. Kami yakin dan percaya bahwa nilai saham XL sangat kompetitif dan diminati oleh para investor, seiring dengan potensi pertumbuhan perusahaan perusahaan kedepannya,” katanya.

Aksi penjualan saham treasury yang diumumkan kepada publik pada tanggal 25 Juni 2014 ini terkait erat dengan kewajiban XL untuk melakukan pembelian saham dari pemegang saham yang tidak menyetujui proses merger antara XL dengan Axis pada bulan Desember yang lalu.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year