Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Google Play Punya Masa Depan Cerah

10:23:37 | 25 Jun 2014
Google Play Punya Masa Depan Cerah
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Toko aplikasi Google Play diperkirakan memiliki masa depan cerah karena tingkat unduhan dan pendapatan terus menunjukkan pertumbuhan.

Firma App Annie dalam risetnya menyatakan jika dilihat per kuartal Google Play terus menunjukkan pertumbuhan dari sisi unduhan dan pendapatan. Pada akhir tahun lalu aplikasi yang bertengger di toko virtual ini sekitar 800 ribu, dalam enam bulan di periode 2014 telah bertambah sebanyak 200 ribu aplikasi.
 
"Sekarang ada sekitar 1,5 juta aplikasi di Google Play, angka ini tumbuh 60% dalam periode Juli 2013 dan Juni 2014,” tulis kajian tersebut dilansir Venturebeat, kemarin.

Dari sisi pendapatan, jika dilihat di periode kuartal pertama 2013 dan kuartal pertama 2014 terjadi pertumbuhan 2,4 kali dimana aplikasi game menjadi kontributor utama pendapatan yakni sekitar 90%. Padahal, aplikasi game hanya menyumbang tingkat unduhan sekitar 40%.

Sedangkan secara keseluruhan, model bisnis freemium apps menyumbang 98% pendapatan dengan tingkat unduhan naik 1,5 kali.

Brazil, Rusia, Korea Selatan, dan India menjadi negara-negara yang tinggi tingkat unduhannya. Sementara dari sisi pendapatan Jepang memimpin diikuti Amerika Serikat, Korea Selatan, Jerman, dan Inggris.

Pada laporan April lalu, Google Play memimpin tingkat unduhan global yakni 45% dibanding App Store. Tetapi dari sisi pendapatan, App Store memimpin dengan menguasai 85% pendapatan.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan