telkomsel halo

Samsung dan Apple Disarankan Tawarkan Tablet Murah

09:21:59 | 20 May 2014
Samsung dan Apple Disarankan Tawarkan Tablet Murah
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Dua pemain papan atas di komputer tablet, Samsung dan Apple, disarankan mulai menawarkan produk dengan harga terjangkau agar pangsa pasar bisa dipertahankan.

Dalam riset yang dilakukan lembaga Korean Investment & Securities, seperti dikutip Cellular News kemarin, dinyatakan walau secara persentase terjadi pertumbuhan di pengapalan tablet, tetapi secara unit terjadi penurunan di kuartal pertama lalu.  

Penurunan ini tak bisa dilepaskan dari tekanan phablet serta harga dari tablet yang mahal karena tidak adanya subsidi dari operator.

Lembaga ini memprediksi penjualan tablet dari Samsung akan turun 10 juta unit atau 23% dibanding kuartal pertama lalu sehingga pangsa pasarnya menjadi 14%. Sedangkan pangsa Apple juga akan turun sekitar 4% dibandingkan kuartal pertama lalu atau menguasai sekitar 23%. Semua ini tak bisa dilepaskan dari perang harga dan rendahnya pengapalan.

Sementara itu, hasil riset dari ABI Research memperlihatkan Apple dan Samsung mendominasi segmen penjualan tablet. Keduanya memiliki pangsa pasar 71% dari 41,3 juta tablet yang beredar secara global pada kuartal pertama 2014.  

Selain Apple dan Samsung, Asus berada di posisi selanjutnya dengan total pejualan 2,1 juta unit, atau turun 0,8% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi sistem operasi, kombinasi penjualan untuk kedua sistem operasi ini menunjukkan tanda adanya kestabilan pertumbuhan dengan sedikit perubahan pangsa pasar. Android tetap memimpin pengapalan tablet baru dengan 56,3% pada kuartal pertama ini, diikuti oleh iOS di angka 39,6% dan Windows 8/RT sebesar 4,1%.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year