telkomsel halo

Apple, Huawei, dan Microsoft bersaing ketat di pasar tablet

04:07:51 | 05 Aug 2018
Apple, Huawei, dan Microsoft bersaing ketat di pasar tablet
JAKARTA (IndoTelko) - Penelitian terbaru dari Strategy Analytics menunjukkan pasar tablet masih kompetitif dengan melibatkan tiga vendor ternama yaitu Apple, Huawei, dan Microsoft.

Dalam laporan bertajuk Strategy Analytics’ Connected Computing Devices (CCD) service, Preliminary Global Tablet Shipments and Market Share: Q2 2018 Results terlihat banyak vendor berbasis platform Android kehilangan pangsa dan pendapatan karena jatuhnya harga dan sedikit inovasi sehingga kesulitan mendorong penjualan.

Apple, Huawei, dan Microsoft masing-masing menunjukkan pertumbuhan pengiriman pada kuartal kedua 2018. Kombinasi ketiganya menguasai pangsa pasar 40%. Sayangnya di periode tersebut pasar tablet global menurun 6% year on year menjadi 40,9 juta unit di Q2 2018 karena permintaan untuk Android Slate terpukul.

Director Connected Computing Strategy Analytics Eric Smith mengungkapkan pasca menurunnya pamor Windows Detachable 2-in-1 terjadi peningkatan kembali di segmen tablet.

Hal itu dibuktikan dengan pengiriman Microsoft Surface Pro dan Surface Book 2 mencapai lebih dari 1 juta unit dan dapat menuai hasil yang lebih baik pada kuartal berikutnya dengan peluncuran Surface Go di tingkat harga yang jauh lebih rendah.

"Harga telah menjadi faktor pembatas dalam bagaimana vendor menjangkau konsumen dengan 2-in-1. Ini akan menjadi menarik untuk perkembangan selanjutnya di 2018 karena opsi biaya yang lebih rendah ikut bermain di Surface Go, Qualcomm-powered 2-in-1s, dan Chrome berbasis 2 in-1," katanya dalam laporan itu.

Analis Riset Senior Chirag Upadhyay menambahkan Apple berhasil menekan pemain berbasis Windows dan Android dengan menurunkan harga dan menambahkan lebih banyak fungsi selama setiap siklus produknya.

"Apple telah memperoleh kembali pangsa pasar dan masih mempertahankan ASP yang kuat karena campuran iPad Pro dan standarnya," ulasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year