telkomsel halo

Metrodata Bidik Omzet Rp 8,08 triliun

08:34:58 | 03 Apr 2014
Metrodata Bidik Omzet Rp 8,08 triliun
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membidik omzet sebesar Rp 8,08 triliun di tahun 2014 atau meningkat meningkat 10,3% dibandingkan 2013 sebesar Rp 7,33 triliun.

“Kami menetapkan target yang konservatif dan lebih realistis. Hal ini karena kondisi ekonomi yang kurang kondusif di tengah melemahnya Rupiah terhadap dollar AS. Selain itu, sebagian besar perusahaan cenderung menunggu hasil pemilu, sehingga mereka menunda belanja investasi, termasuk produk Teknologi Informasi (TI),” ungkap Direktur Keuangan Metrodata Randy Kartadinata, kemarin.

Menurutnya, di tengah persaingan yang semakin kompetitif dan meningkatnya pajak atas barang impor dari 2,5% menjadi 7,5%,  hal ini menyebabkan potensi turunnya persentase  laba kotor perseroan. 

Selain itu, biaya operasional juga cenderung meningkat seiring dengan tingginya inflasi dan naiknya UMR, sehingga target laba bersih perusahaan tahun 2014 ditetapkan sebesar Rp 115 miliar atau  tumbuh 1,1% dibandingkan 2013 yang mencapai Rp 113,75 miliar.

Selama tahun 2013, Metrodata mampu melakukan pengendalian terhadap biaya-biaya operasional perusahaan, sehingga pertumbuhan biaya operasional sebesar 16,07% jauh lebih rendah dari peningkatan penjualan sebesar 41,61%. 

Pendorong
Aksi ini salah satu penopang kinclongnya kinerja operasional dari perseroan selama 2013. Faktor lain yang menopang pertumbuhan omzet di 2013 adanya  diversifikasi penjualan produk.

Strategi pertumbuhan perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk diantaranya melalui pendistribusian smartphones dan tablet PC serta fitur phones. 

Khusus bagi fitur phones, pendistribusian baru dilakukan terbatas pada kota-kota tertentu di wilayah Jawa. Selain itu, bisnis distribusi yang dimiliki Metrodata  juga mulai menyalurkan Profesional Display Solution dan Data Protection. 

Perseroan  juga melakukan ekstensifikasi penjualan produk berupa asesoris TI seperti head phone, power bank, speaker, mouse, dan lain sebagainya.  

Sedangkan dari unit Bisnis Solusi menawarkan innovation solution baru yaitu Business Discovery, Mobile Enterprise Application Solution, Tools for Mining & Exploration, serta Infrastructure & Services Cloud dan CRM on the cloud.

Selain diversifikasi penjualan produk, Metrodata juga melakukan peningkatan penjualan melalui ekstensifikasi wilayah pemasaran ke kota-kota tingkat menengah seperti kabupaten ataupun kotamadya. Saat ini, perseroan telah memiliki 19 titik infrastruktur penjualan yang menjangkau 123 kota-kota di Indonesia. 

Faktor lainnya yang menunjang pertumbuhan signifikan adalah karena adanya penghentian hak pendistribusian produk tertentu terhadap beberapa distributor TI di Indonesia dan ditunjuknya Metrodata sebagai distributor dari beberapa produk yang telah dihentikan hak pendistribusiannya sebagaimana dimaksud.

“Penunjukan hak pendistribusian yang merupakan hal yang mendorong pertumbuhan di tahun 2013 kemungkinan tidak berulang lagi di tahun 2014,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year