telkomsel halo

Fitch Tarik Peringkat Obligasi Rp 2 triliun Protelindo

10:09:46 | 27 Nov 2013
Fitch Tarik Peringkat Obligasi Rp 2 triliun Protelindo
Adam Gifari (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menarik status  AA-(idn) bagi obligasi sebesar Rp 2 triliun milik PT Professional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Analis Fitch Olly Prayudi dalam rilisnya menyatakan penarikan peringkat itu terkait dengan aksi anak usaha PT Sarana Menara Nusantara (TOWR) itu yang menunda penerbitan dari obligasi tersebut itu.

Secara terpisah, Direktur Utama Sarana Menara Nusantara Adam Gifari mengakui penundaan penerbitan obligasi senilai Rp 2 triliun karena pasar sedang volatile alias bergejolak.

“Dampak dari penundaan tersebut lembaga pemeringkat Fitch Ratings menarik peringkat AA- yang diberikan bagi obligasi tersebut. Kalau peringkat Protelindo tetap AA-. Tidak ada perubahan," tegasnya.

Sebelumnya, Protelindo berencana menggunakan dana dari obligasi tersebut untuk membayar utang dan sebagian lainnya untuk modal kerja perseroan. Fitch kala itu menyematkan peringkat AA-(idn) atas obligasi tersebut.

Fitch dalam kajian sebelumnya memperkirakan pada akhir tahun ini kemampuan leverage perseroan masih di bawah 4 kali, dan kas internal masih memadai untuk membiayai belanja modal.

Jika obligasi  senilai Rp 2 triliun tersebut diterbitkan, Protelindo menghimpun dana hingga sebesar Rp 7,2 triliun  dari pinjaman dan penerbitan obligasi.

Protelindo telah memperoleh fasilitas pinjaman senilai  US$ 475 juta  dan 40 juta euro dari sindikasi bank dan institusi keuangan. Pinjaman tersebut setara Rp 5,2 triliun.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year