telkomsel halo

Tower Bersama Bersiap Menerbitkan Obligasi Rp 4 triliun

14:01:04 | 31 Okt 2013
Tower Bersama Bersiap Menerbitkan Obligasi Rp 4 triliun
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) tengah bersiap melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) untuk obligasi rupiah dengan total nilai Rp 4 triliun.

Obligasi itu diterbitkan bertahap dalam jangka waktu dua tahun. Pada PUB tahap I, TBIG akan menerbitkan surat utang Rp 1 triliun.

Direktur Keuangan Tower Bersama Helmy Yusman Santoso mengungkapkan, perseroan telah menunjuk empat penjamin emisi untuk obligasi itu, diantaranya  PT HSBC Securites dan PT Indo Premier Securities.Rencananya, obligasi PUB tahap I itu akan diterbitkan sekitar bulan November atau awal Desember.

“Dana obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai kembali (refinancing) utang perseroan dan tambahan belanja modal,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hosen mengungkapkan, penyedia menara tersebut sudah mengajukan permohonan penerbitan obligasi dengan skema PUB ke BEI.

Pada kuartal I-2013, Tower Bersama telah menerbitkan obligasi dollar senilai US$ 300 juta. Ruang untuk beutang kembali terbuka lebar karena  rasio utang terhadap ekuitas alias debt to equity ratio (DER) sebesar 2 kali.

Berdasarkan laporan keuangan semester I-2013, utang valas sindikasi jangka panjang TBIG mencapai US$ 605 juta. Angka itu belum termasuk obligasi dollar US$ 300 juta yang terbit kuartal I-2013.

Sementara utang berbentuk rupiah tercatat sebanyak Rp 1,8 triliun. Tower Bersama sendiri memiliki fasilitas pinjaman sindikasi yang belum semuanya senilai US$ 210 juta.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year