telkomsel halo

Smartphone Kembali Topang Keuntungan Samsung

10:26:55 | 26 Okt 2013
Smartphone Kembali Topang Keuntungan Samsung
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Penjualan smartphone yang tinggi kembali menjadi penopang keuntungan dari  Samsung Electronics Co di kuartal ketiga 2013.

Samsung hingga kuartal ketiga 2013 melaporkan mendapatkan keuntungan US$ 7,6 miliar di triwulan ketiga 2013 atau naik 26% berkat penjualan smartphone dan  berhasil mengembalikan performa bisnis chip memory.

Penjualan telepon pintar murah di negara berkembang seperti China, Amerika Selatan dan Eropa bagian timur mampu menutup penurunan permintaan akibat harga handset canggih terbaru yang tinggi.

Kinerja itu juga menutupi kerugian akibat persaingan dengan iPhone keluaran Apple Inc. serta menyusutnya margin keuntungan dari produk televisi.

CEO Samsung JK Shin mengungkapkan,  angka penjualan Galaxy S4 saja  enam bulan setelah resmi dipasarkan berhasil menebus 40 juta unit.

Sedangkan harga chip naik bulan lalu di tengah kesulitan suplai setelah terjadi kebakaran di pabrik SK Hynix Inc. di China.

Menurut Fund manager di LS Asset Management Kim Sung-soo kinerja Samsung di kuartal ketiga ini lumayan bagus, namun hal yang dikhawatirkan adalah akankah kondisi tersebut bertahan lam.
 
"Seperti Nokia, Samsung tak lama lagi akan terbentur pada pangsa pasar yang dibidiknya. Belum lagi Apple sudah menunjukkan sinyal untuk bangkit kembali,” katanya seperti dikutip BBC (25/10).(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year