telkomsel halo

Centrin Teruskan Ekspansi dengan Akuisisi Tiga Perusahaan

11:47:17 | 14 Sep 2013
Centrin Teruskan Ekspansi dengan Akuisisi Tiga Perusahaan
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Centrin Online Tbk (CENT) melanjutkan ekspansi usaha sejak mendapatkan dana segar dari hasil right issue pada tahun ini sebesar   Rp 677,86 miliar.

Hal ini terlihat dimana Centrin resmi menguasai Retower Asia pada 27 Februari 2013. Total biaya yang dikeluarkan oleh perseroan untuk mengakuisisi 100 persen saham Retower adalah sekitar  US$ 14.825 juta.

Aksi akuisisi berlanjut dengan membeli 99,9% saham Indo Pratama Teleglobal dan masing-masing 1% saham milik Teleglobal Lintas Media dan Indopratama Jaringan Telematika.

Dalam keterbukaan informasinya ke Bursa Efek Indonesia (BEI) 13 September 2013, Sekretaris Perusahaan Centrin Janti Kosasih menyatakan nilai  99,9% saham Indo Pratama Teleglobal  adalah Rp 105,99 miliar. Sedangkan  1% saham Teleglobal Lintas Media dan 1% saham Indopratama Jaringan Telematika senilai Rp 1 juta.Total dana yang dikeluarkan untuk aksi korporasi ini senilai Rp 105,99 miliar.

Perseroan  telah menandatangani conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan Tindjaja Soetadi, Setyo Handojo Singgih, dan PT Mora Telematika Indonesia, pada 11 September 2013.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal pertama 2013, Centrin  telah memiliki lima anak usaha dengan kepemilikan mayoritas. Mereka adalah PT Centrin Nuansa Teknologi (99%), PT Retower Asia (100%), PT Khasanah Timur Indonesia (51%), Centrin Technology Pte Ltd (100%)  serta Centrin Communication Ltd (100%).
Sedangkan posisi  kas dan setara kas Centrin di kuartal pertama 2013 sebesar Rp 296,32 miliar.

Dari penelusuran di internet, Indo Pratama Teleglobal pada 2002 didirikan oleh Galumbang Menak yang juga identik dengan Moratel. Dalam situs Indo Pratama Teleglobal sendiri perseroan masih satu grup dengan Moratel.

Layanan yang diberikan Indo Pratama Teleglobal adalah  Data Communication, Leased Channels, Internet Telephony, Data Center dan Disaster Recovery.

Diakuisisinya Indo Pratama Teleglobal menjadikan Centrin memiliki bisnis di penyediaan menara melalui Retower Asia dan komunikasi data beserta turunan dengan Indo Pratama Teleglobal.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year