Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Centratama gandeng Huawei untuk solusi DIS

09:12:30 | 20 Okt 2019
Centratama gandeng Huawei untuk solusi DIS
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) menggandeng PT Huawei Tech Investment (Huawei) untuk menginisiasi penerapan teknologi terbaru guna mendukung penyediaan indoor coverage bagi operator di telekomunikasi di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Centratama Telekomunikasi Indonesia Wiwik Septriandewi dalam rilisnya menyatakan perseroan melalui anak usaha, PT MAC Sarana Djaya (MAC), menggandeng Huawei dalam penerapan solusi Digital Indoor System (DIS) untuk melayani operator.

Penerapan DIS oleh MAC didukung penyediaan perangkat, jasa operation and maintenance memungkinkan perluasan coverage dari sebuah base transceiver station (BTS) ke lebih dari satu gedung dan menekan konsumsi daya yang diperlukan untuk penyediaan coverage sinyal dalam gedung sehingga membantu efisiensi belanja modal dan biaya operasional dari operator.

"Selain itu, DIS yang digelar oleh MAC juga siap untuk mengakomodasi teknologi 5G jika nantinya diadopsi oleh perusahaan-perusahaan MNO di tanah air. Saat ini, MAC telah mulai menggelar DIS di Medan yang direncanakan akan menghubungkan hingga 18 gedung. MAC juga berencana menggelar DIS yang akan menghubungkan gedung-gedung di salah satu kawasan CBD (Central Business District) di Jakarta," jelasnya.

Asal tahu saja, pada bulan september 2019, anak usaha Centratama yang bergerak dalam bidang penyediaan menara telekomunikasi, PT Centratama Menara Indonesia baru saja menandatangani perjanjian jual beli (CSPA) untuk pembelian 121 menara telekomunikasi dari salah satu perusahaan penyedia menara telekomunikasi.

Per akhir semester-I 2019, Centratama mengelola hampir 2000 menara telekomunikasi dengan rasio tenansi 1,46 kali dan 842 site in-building DAS dengan rasio tenansi 1,87 kali.

Hal ini menjadikan Centratama emiten penyedia in-building DAS independen terbesar di Indonesia dan penyedia menara telekomunikasi Independen ke-4 terbesar di Indonesia.

Telkom Marketing 2
Secara historis, CENT telah menunjukan kinerja pertumbuhan yang cepat di sektor penyediaan menara telekomunikasi dengan jumlah tenant yang bertumbuh sebesar 50% CAGR (Compounded Annual Growth Rate) sejak tahun 2013.

Selain menyediakan menara telekomunikasi dan in-building DAS, CENT juga menyediakan layanan broadband internet dan konektifitas fiber optic di High Rise Building melalui anak perusahaannya PT Fastel Sarana Indonesia (FSI) dengan brand GLOBE NET.

Di kuartal ketiga tahun ini, FSI juga telah mendapatkan lisensi NAP sebagai penyedia layanan IP Transit bagi Internet Providers dan pelanggan korporasi yang membutuhkan layanan dedicated international bandwidth.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma