telkomsel halo

Keuntungan Apple Turun 22%

12:09:56 | 25 Jul 2013
Keuntungan Apple Turun 22%
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Apple membukukan keuntungan sebesar US$ 6,9 miliar selama kuartal ketiga tahun fiskal 2013 yang berakhir Juni lalu atau turun 22% dibandingkan periode sama sebesar US$ 8,8 miliar.

Keuntungan Apple menurun karena penjualan hanya naik tipis yakni sebesar  US$ 35,3 miliar dari US$ 35 miliar periode sama tahun lalu.

“Kami sedang fokus dengan pembuatan produk baru yang akan diluncurkan pada tahun  depan,” ungkap  CEO Apple Tim Cook seperti dikutip dari Forbes belum lama ini.

Tim harus memberikan ketenangan kepada investor, terutama masalah produk baru karena sepanjang 10 bulan terakhir Apple belum ada gebrakan di pasar. Pasar menunggu Apple mengeluarkan iPhone versi terbaru  pada September atau  Oktober nanti. Hal yang sama dengan produk smartwatch dan TV interaktif, atau iPad mini terbaru.

“Pendorong penjualan kami selalu dari produk baru. Saya belum melihat kejenuhan dari pasar smartphone,” katanya.

Dalam kuartal berikutnya yang berakhir September nanti, Apple berharap penjualan bisa mencapai US$ 34 miliar hingga US$ 37 miliar dengan gross margin antara 36 atau 37%.

Apple selama periode kuartal yang berakhir Juni 2013 berhasil menjual sebanyak 31,2 juta iPhone, naik dari 26 juta unit di periode sama tahun lalu.Penjualan iPhone terlihat bagus di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Brazil, Rusia, India, dan Thailand.

Sementara iPad yang terjual sebanyak 14,6 juta unit turun dari 17 juta unit diperiode sama tahun lalu. Untuk produk  Macs terjual sebanyak 3,8 juta unit selama periode kuartal kedua ini. Pendapatan dari   iTunes, software, dan services sekitar US$ 3,99 miliar.

Apple memiliki free cash flow hingga Juni 2013 sebesar US$ 146,6 miliar naik dari posisi Maret sebesar US$ 144,7 miliar.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year