telkomsel halo

Alcatel-Lucent Tingkatkan Kapasitas Kabel Laut Jepang-California

17:41:26 | 27 Jan 2013
Alcatel-Lucent Tingkatkan Kapasitas Kabel Laut Jepang-California
Ilustrasi (Dok)
PARIS (indotelko)— Alcatel-Lucent (ALU) sedang melaksanakan sebuah peningkatan kapasitas  besar-besaran sistem kabel bawah laut digital trans Pasifik sepanjang 9.600 km menggunakan teknologi koheren canggih yang menghubungkan Jepang-California.

Dalam keterangan tertulisnya, perseroan menyatakan, sistem kabel laut tersebut  milik 5 penyedia layanan besar yang memberikan koneksi langsung dari pantai Timur Jepang ke California.

Peningkatan kapasitas ini akan memberikan tambahan kemampuan beberapa terabit, untuk mengatasi ledakan trafik data yang didorong oleh kepemilikan smartphone dan tablet, juga oleh peningkatan aplikasi video dan pergeseran kegiatan perusahaan-perusahaan ke cloud.

“Fase pertama dari upgrade in akan meningkatkan kemampuan sistem sebesar 1 Terabit/detik,” kata Presiden Alcatel-Lucent Submarine Networks Philippe Dumont.

Diungkapkannya, penelitian terakhir oleh TeleGeography menemukan bahwa jumlah kemampuan terpakai trans Pasifik akan meningkat pada tingkat gabungan tahunan sebesar 36, antara saat ini dan tahun 2018.

Dengan sistem yang awalnya dirancang untuk kapasitas tertinggi sebesar 960 Gigabit per detik (Gbit/s) per pasang fiber, upgrade ini meningkatkan empat kali lipat kapasitas design aslinya, dengan menggunakan teknologi koheren canggih Alcatel-Lucent, yang dapat memberikan kemampuan tertinggi hingga sebesar 4 Terabit per detik (Tbit/s) per pasang fiber, yang setara dengan kurang lebih 500.000 saluran HDTV secara bersamaan, ketika menyiarkan secara langsung sebuah kegiatan besar olahraga.
 
“Operator, penyedia layanan, penyedia konten dan multi-media saat ini sedang meningkatkan jaringan untukmendukung aplikasi Internet dan pusat data, seraya melindungi investasi  yang telah ada,” katanya.

Menurutnya, solusi bawah laut Alcatel-Lucent yang unik akan mampu memberikan kemudahan upgrade dan skalabilitas hingga kemampuan multi terabit, menawarkan migrasi terpadu yang menggabungkan kelebihan-kelebihan teknologi dan ekonomi.

“Adanya peningkatan ini akan memungkinkan pelanggan menerima layanan lebih cepat daripada harapan mereka, di manapun, kapanpun ketika mereka mengakses aplikasi, menyimpan dan komputasi broadband,” jelasnya.(ep)


Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year