telkomsel halo

EDOTCO, Telecom Infra Project, dan Telun revolusi lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara

07:21:45 | 01 Mar 2024
EDOTCO, Telecom Infra Project, dan Telun revolusi lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan layanan infrastruktur telekomunikasi regional, EDOTCO mengumumkan kolaborasi strategis dengan Telecom Infra Project (TIP) dan Telkom University untuk merevolusi lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara. Kolaborasi ini terjalin dengan penandangatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Mobile World Congress 2024, yang melambangkan kemitraan transformatif untuk mendorong inovasi, konektivitas, dan inklusivitas di seluruh kawasan.

Kerjasama ini berfokus pada menciptakan ekosistem neutral host, memungkinkan konektivitas yang lancar di seluruh jaringan yang beragam. Kolaborasi ini akan memanfaatkan standar teknologi jaringan terbuka dan terdisagregasi untuk meningkatkan pengalaman digital bagi bisnis dan konsumen. Dengan pengalaman luas EDOTCO dalam menyediakan solusi end-to-end dan pendekatan komunitas kolaboratif TIP, inovasi dalam infrastruktur telekomunikasi siap untuk dipercepat.

Community Lab di Telkom University, yang didukung oleh TIP, akan menjadi pusat penting untuk pengujian dan validasi solusi ini, melibatkan peneliti, pemain industri, dan startup untuk mengembangkan produk dan layanan yang dapat dipasarkan.

Menurut Direktur Strategi EDOTCO Group, Gayan Koralage, pihaknya sangat antusias bermitra dengan TIP dan Telkom University untuk mendorong perubahan transformatif di sektor telekomunikasi. Dengan menggabungkan keahlian industri kami dengan solusi inovatif, kami bertujuan mendefinisikan lanskap digital, menciptakan masa depan di mana konektivitas tidak hanya canggih tetapi juga inklusif.

"Meskipun fokus awal kami hanya di wilayah Indonesia, keberadaan kami yang luas di Asia memungkinkan kami untuk mengulang kesuksesan proyek ini di negara lain. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membina masa depan digital yang melampaui batas, memastikan aksesibilitas, dan membuka peluang baru untuk kebutuhan yang terus berkembang di Asia Tenggara," katanya.

Salah satu tujuan utama kolaborasi ini adalah mengembangkan cetak biru komprehensif untuk model neutral host dalam industri telekomunikasi. Dengan memanfaatkan solusi Open RAN, para mitra-mitra bisa menciptakan kerangka kerja yang dapat diskalakan dan efisien dengan konektivitas yang lancar.

Solusi Open RAN akan memungkinkan interoperabilitas dan fleksibilitas, yang menghasilkan penggunaan sumber daya jaringan yang lebih efisien dan memberikan manfaat bagi konsumen dan bisnis dengan peningkatan cakupan, pengurangan latency, dan pengalaman digital yang lebih baik.

Sedangkan Direktur Eksekutif TIP, Kristian Toivo menekankan pentingnya inisiatif ini. "Inisiatif neutral host adalah game-changer dalam lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara. Saat kita memulai perjalanan transformasi ini dengan EDOTCO, anggota TIP lainnya, dan Telkom University, visi kolektif kami adalah membuka peluang baru yang melampaui batas konektivitas konvensional, menempatkan Asia Tenggara di garis depan revolusi digital global," ujarnya.

Sementara, Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya mengatakan, ia sangat bersemangat menjalin kemitraan dengan EDOTCO Group dan TIP untuk mendorong inovasi konektivitas di Asia Tenggara. "Kolaborasi ini akan menciptakan ekosistem telekomunikasi yang menggunakan standar teknologi jaringan terbuka dan terdisagregasi, dapat mendorong inovasi baik secara teknologi maupun bisnis. Sejalan dengan peran TIP Community Lab sebagai pusat keunggulan di Telkom University, yang saat ini berfungsi sebagai lokasi penelitian teknologi, regulasi, dan bisnis serta lokasi pengujian dan validasi untuk Solusi Open RAN," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year