telkomsel halo

Kolom Opini

GenAI dan revolusiPC

05:40:00 | 21 Dec 2023
GenAI dan revolusiPC
Ilustrasi (dok)
Tiga tahun lalu, Dell Technologies membahas tentang Renaisans PC. PC telah banyak membantu kita untuk selalu terhubung dan berkolaborasi, tapi saat bekerja dari rumah (work from home) dan pembelajaran secara virtual atau daring marak terjadi pada tahun 2020, kita melihat jelas peran penting PC dalam semua aspek kehidupan kita. Saat itu, kami di Dell menjabarkan visi masa depan kami, menjelaskan arah investasi perusahaan, dan memprediksi bagaimana interaksi antara manusia dan PC akan berkembang.

Sekarang, ada momen penting lain, yaitu AI generatif (GenAI). Kemajuan yang akan kita lihat dari GenAI akan dibandingkan dengan kemunculan PC 40 tahun lalu ketika tren PC saat itu menghadirkan tingkat produktivitas yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya. Tapi, apa sebenarnya arti GenAI bagi masa depan PC? Bagaimana GenAI akan membentuk pengalaman manusia dengan PC?

Pertama: situasi dan kondisi saat ini

Untuk memahami peluang AI di masa depan, mari kita lihat di mana posisi kita sebelumnya dan saat ini. Kemungkinan besar Anda telah menggunakan beberapa jenis AI dalam aktivitas sehari-hari - ingat, AI dan pembelajaran mesin (machine learning) sudah ada sejak lama. Kami melihat peluang PC untuk membantu mendorong produktivitas manusia dan menjadi pengguna awal AI, jadi kami membuat PC yang kami keluarkan lebih cerdas, sadar diri (self-aware), dan sadar pengguna (user-aware).

Peluang GenAI jangka pendek

GenAI akan memengaruhi cara kita hidup dan bekerja. Meski masih banyak hal yang belum dapat dibayangkan, PC berkemampuan AI akan semakin populer. Kita telah melihat bagaimana GenAI bisa membuka tingkat produktivitas baru dengan peluncuran Microsoft Copilot. Dari semua demo yang ada kita bisa melihat bagaimana PC akan mengumpulkan, menyusun, dan membuat informasi lebih cepat dari sebelumnya. Dengan demikian, ide menjadi sumber informasi utama, dan Anda bisa lebih fokus pada kreativitas, memecahkan masalah, dan inovasi.

Dell bekerja sama erat dengan Microsoft saat mereka meluncurkan fitur-fitur Copilot baru (dan semua pengguna Windows 11 dapat merasakan manfaatnya mulai sekarang). Tapi, kami tidak berhenti di situ saja. Kami akan fokus untuk menjadi penyedia PC terdepan di era AI, dengan prioritas dan investasi tambahan yang berpusat pada aspek kecerdasan, keamanan, dan menjadi penasihat AI terpercaya dari hulu ke hilir (end-to-end).

Kemudian, seiring tuntutan kita agar perangkat yang kita gunakan bisa melakukan lebih banyak hal, tuntutan tersebut membutuhkan PC yang menggunakan permodelan bahasa (language modeling), pemrosesan bahasa (language processing), dan kemampuan pembelajaran mesin untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Menjalankan aplikasi-aplikasi AI secara lokal di PC menghadirkan banyak efisiensi seperti efektivitas biaya, privasi dan keamanan yang lebih baik, mengurangi latensi, dan manfaat berkelanjutan. Semua tuntutan itu juga akan membutuhkan arsitektur baru yang tidak hanya bergantung pada CPU atau GPU untuk pemrosesan. Dell terus bekerja bersama para mitra di industri TI untuk merealisasikan arsitektur baru ini pada tahun 2024. Dan kami tidak sabar untuk menunjukkan lebih banyak inovasi kepada Anda.

Peluang GenAI jangka panjang

Dalam beberapa tahun ke depan, kami melihat PC Anda akan menjadi mitra digital sejati. PC tak hanya akan mendorong produktivitas manusia, tapi juga mendukung kinerja manusia. Tren tersebut akan mengharuskan kita merancang ulang cara kita bekerja dengan laptop dan desktop saat ini.

Misalnya, alih-alih interaksi perintah (command) dan kontrol yang umum Anda lakukan dengan mengetik di keyboard, akan ada cara lain berbasis non-teks untuk menggerakkan teknologi melakukan pengalaman dua arah antara manusia dan PC. Bayangkan masa depan di mana Anda dapat berkolaborasi atau berkreasi bersama menggunakan suara, perintah visual dan gerakan. Bayangkan PC Anda bisa menafsirkan suasana hati, ekspresi wajah, nada suara atau bahkan perubahan cara Anda mengetik untuk pengalaman yang lebih kaya untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan, dengan cara terbaik. Pengalaman PC Anda akan beralih dari mencari ke memerintah, dari membaca ke memahami, dan dari menyunting ke mengarahkan.

Sangatlah menarik memikirkan apa yang akan terjadi, tidak saja dari perspektif perangkat, tapi dari seluruh ekosistem PC. Dell mendapatkan inspirasi dari pengalaman manusia untuk mendorong kemajuan manusia, dan portofolio produk, solusi, dan layanan kami yang luas akan memainkan peranan penting dalam mewujudkan masa depan tersebut.

Kita berada di titik perubahan

Saya telah berkecimpung di industri teknologi selama 30 tahun. Industri ini selalu menarik dan bergerak cepat, tapi peluang yang ada di masa depan tidak sama dengan yang telah kita lihat sejak PC pertama kali diperkenalkan 40 tahun yang lalu. Jaminan manfaatnya saja sudah sangat besar. Tapi, bohong, jika kita bilang kita punya semua jawabannya kita tidak punya! Yang bisa saya pastikan adalah bahwa manusia akan tetap menjadi inti dari kemajuan. Antara perkembangan software baru, arsitektur TI baru yang akan segera hadir, kemampuan layanan baru dan eksplorasi berkelanjutan kami yang berpusat pada hubungan dan pengalaman manusia, kita sedang berada di titik perubahan. Pengalaman pengguna akan berubah lebih baik dan lebih cepat dari sebelumnya. Kita telah diberi kesempatan untuk merevolusi pengalaman PC dan Dell siap untuk melakukannya.

Ditulis oleh :

Sam Burd, President, Client Solutions Group, Dell Technologies

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year