telkomsel halo

Kolom Opini

Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan unik pengguna pusat data di Asia

08:23:33 | 26 Sep 2023
Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan unik pengguna pusat data di Asia
Perkembangan digitalisasi yang pesat di Asia menarik permintaan yang meningkat secara cepat untuk pusat data skala besar dan perusahaan di kawasan ini. Setiap pusat data ini akan memiliki kebutuhan uniknya sendiri seperti skala dan kapasitas, efisiensi energi, dan persebaran secara geografis.

Bagi penyedia pusat data, kuncinya terletak pada pemahaman akan kebutuhan unik pengguna mereka satu pengguna dapat memiliki beberapa kebutuhan yang sangat berbeda dan terkadang terlihat hampir saling bertolak belakang. Sebagai contoh, seorang pengguna mungkin membutuhkan fasilitas skala besar di India, pusat data edge dengan ruang untuk ekspansi di Korea Selatan, dan beberapa titik pemasangan kabel di Asia Tenggara.

Pengguna ini dapat bergantung pada penandatanganan beberapa kontrak dengan penyedia yang berbeda yang memiliki spesialisasi dalam setiap tipe desain, konstruksi, dan operasi, bahkan mungkin membangun satu atau dua pusat data mereka sendiri. Namun, penyedia yang dapat menyediakan semua kategori pusat data ini di setiap kawasan yang dibutuhkan dan memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada pengguna seperti yang ada dalam contoh di atas. Tentu saja, ini tidak mudah, dan tidak semua orang dapat melakukannya dengan sukses. Namun, ini merupakan faktor pembeda yang sangat penting dalam beberapa hal.

Waktu adalah kunci utama untuk memasarkan di Asia

Investasi pada pusat data di Asia telah menjadi sangat besar dalam beberapa tahun terakhir karena pertumbuhan ekonomi digital di kawasan ini dan meningkatnya permintaan akan layanan digital. Bagi banyak perusahaan di Asia yang sedang mempertimbangkan lokasi atau membangun pusat data mereka sendiri, fasilitas yang dibangun sesuai kebutuhan mungkin bisa menjadi pilihan untuk memasuki pasar dengan risiko rendah yang juga dapat secara signifikan mengurangi waktu untuk memasarkan servis ini di lokasi pusat data yang kompetitif di Asia.

Bagi penyedia pusat data, berkolaborasi dengan pengguna, mulai dari tahap awal proyek berarti menyediakan fasilitas yang dibuat khusus atau sesuai kebutuhan yang dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini sekaligus mengantisipasi kebutuhan di masa depan. Hal ini dapat berarti lokasi yang cocok untuk proyek dan lebih banyak inovasi dalam memilih material dan opsi keberlanjutan.

Hal ini dapat membangun kepercayaan dan kesinambungan di berbagai proyek. Dan hal ini memungkinkan penyedia dan pengguna jasa untuk membawa ide-ide terbaik dari pengalaman masing-masing berdasarkan proyek-proyek sebelumnya untuk membantu merampingkan segala sesuatu mulai dari koneksi lokal dan rantai pasokan yang telah teruji hingga mencari mitra terbaik, keamanan, jaringan, dan banyak lagi.

Selain itu, sangat penting untuk memahami bahwa kita tidak berbicara tentang penyedia pusat data yang memenuhi semua kebutuhan. Sebaliknya, kita berbicara tentang penyedia yang memahami kesamaan dari berbagai kategori pusat data dan perbedaannya. Penyedia yang memahami efisiensi yang dapat direalisasikan dengan menerapkan beberapa pembelajaran dari satu kategori ke kategori lain dengan cara yang cerdas dan inovatif. Instalasi kabel mungkin merupakan faktor pembentuk yang relatif unik. Namun, penyedia yang tepat akan mengetahui bahwa beberapa macam inovasi dapat diterapkan pada pusat data yang lebih besar dan jauh dari pesisir pantai.

Dan terakhir, faktor pembeda utama muncul ketika penyedia pusat data memiliki pengalaman di seluruh dunia yang memungkinkannya menangani pasar global sebagai pasar lokal. Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan antara pasar yang berbeda ini. Strategi keberlanjutan yang sukses di Phoenix mungkin tidak memiliki komponen yang sama dengan strategi keberlanjutan yang sukses di Jepang atau Jakarta.

Material dan strategi pendinginan yang optimal dapat sangat bervariasi di pasar yang mungkin secara geografis tidak berjauhan. Regulasi lokal dan nasional, persetujuan pemerintah setempat, dan ekspektasi masyarakat mungkin memiliki sedikit kesamaan. Namun, dibutuhkan lebih dari sekadar perbedaan-perbedaan ini untuk membuat penyedia pusat data global keluar dari persaingan. Meskipun ada banyak solusi yang dapat digunakan bersama di seluruh pasar, ada manfaat yang luar biasa dalam mengetahui cara memberikan hasil di berbagai lokasi, budaya, dan komunitas.

Pendekatan kolaboratif

Bagi pengguna pusat data, hal ini berkaitan dengan masalah kepercayaan. Apakah mereka bersedia berkolaborasi dengan penyedia pusat data mereka? Apakah mereka mengambil pendekatan mikro atau makro, dengan sudut pandang yang luas untuk solusi pusat data mereka? Apakah mereka percaya bahwa mereka akan mendapat manfaat dari bekerja sama dan belajar dari penyedia dengan rekam jejak yang telah terbukti dalam membangun lima puluh solusi terdepan berkapasitas 100kW dan hub skala besar berkapasitas 100MW di seluruh pasar di dunia?

Bagi penyedia pusat data, kuncinya adalah memastikan Anda dapat memberikan solusi yang akan membantu mewujudkan kesuksesan pengguna sesuai dengan yang mereka harapkan. Pengguna mungkin tidak selalu sepenuhnya benar, namun kolaborasi yang menginspirasi dan mau mendengarkan, dipadukan dengan pengalaman dan inovasi, dapat menawarkan solusi pusat data yang dibuat khusus dengan membentuk faktor pembentuk yang tepat, dalam skala yang tepat, di lokasi yang tepat, yang sesuai dengan tujuan, lingkungan, dan kinerja mereka.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolaborasi dapat melipatgandakan.

Namun, mari kita tutup dengan sebuah kutipan dari seseorang yang mungkin merupakan sumber yang tak terduga dalam pembahasan solusi pusat data: Amy Poehler, komedian dan aktris Amerika Serikat, yang terkenal sebagai pemeran dalam serial komedi sketsa NBC, Saturday Night Live, mengatakan:

“Terbukalah untuk melakukan kolaborasi. Orang lain dan gagasannya sering kali lebih baik daripada gagasan Anda sendiri. Temuilah sekelompok orang yang menantang dan menginspirasi Anda, habiskan waktu bersama mereka, dan itu akan mengubah hidup Anda.“

Ditulis oleh Kelvin Fong, Managing Director, Asia Pacific, EdgeConneX

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year