Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Bisnis TelkomMetra terus membara

12:58:00 | 16 Jan 2019
Bisnis TelkomMetra terus membara
BLANJA dan Finpay, Platform online yang dikembangkan anak usaha TelkomMetra.(dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengharapkan anak usahanya yang mengelola bisnis Information, Media, dan Edutainment (IME), TelkomMetra terus menunjukkan kinerja positif sepanjang 2019.

"Kinerja TelkomMetra hingga kuartal ketiga 2018 (Unaudited) dalam rencana kerja anggaran perusahaan. Hingga Kuartal Ketiga 2018 pendapatan yang diraih sebesar Rp20,88 triliun," ungkap President Director of TelkomMetra Group Otong Iip dalam Rapat Dengar Pendapat Deputi Bidang USaha Jasa Keuangan, jasa Survei, dan Konsultan Kementrian BUMN dan Telkom bersama Komisi VI, minggu  lalu.

Dijelaskannya, TelkomMetra adalah perusahaan investasi dan sub holding yang melakukan ekspansi ke berbagai layanan digital dan industri Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) melalui akuisisi, partnership, dan membangun ekosistem bisnis yang kuat.

Bisnis inti dari TelkomMetra adalah komunikasi satelit, system integration & managed service, financial service & financial technology, cloud & data center, business process management, digital advertising, dan online digital media.

Terdapat 9 anak usaha yang terkonsolidasi dengan TelkomMetra diantaranya, Finnet, TelkomSigma, Admedika, Infomedia, MD Media, Metraplasa, SSI, NuTech, dan MDI Ventures.

Sepanjang 2017 pendapatan yang diraih TelkomMetra sebesar Rp24,95 triliun dengan Earning Before Interest Tax Depreciation (EBITDA) Rp1,13 triliun.

Dalam lima tahun terakhir pertumbuhan pendapatan tahunan (CAGR) sebear 55,2%, EBITDA 30,3%, dan laba bersih 250,2%.

Investasi yang dilakukan tumbuh dalam 5 tahun terakhir dengan CAGR sebesar 9,8%. Pada 2017 nilai investasi yang dilakukan Rp876 miliar naik dibandingkan 2016 sebesar Rp799 miliar.

"TelkomSigma dan Finnet adalah penyumbang terbesar bagi kinerja TelkomMetra," paparnya.

Telkom Marketing 2
Finnet adalah pengelola e-Payment yang terdiri dari layanan Bill Payment Switching, Bill Payment Aggregator, E-Payment Platform, dan Online Payment Solution. Pada 2017 pendapatan dari Finnet mencapai Rp13,03 triliun dengan EBITDA Rp224 miliar.

Sedangkan Telkomsigma adalah penyedia jasa End to End ICT Solutions & Data Center. Pada 2017 pendapatannya sebesar Rp5,42 triliun dengan EBITDA Rp624 miliar.

Angkasa Pura 2
Kinerja lainnya dari  anak usaha TelkomMetra di 2017 adalah Infomedia memiliki pendapatan Rp2,9 triliun, AdMedika (Rp576 miliar), MD Media (Rp1,4 triliun), Metraplasa (Rp63 miliar), NuTech (Rp78 miliar). (dn) 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma