telkomsel halo

XL Tuntaskan Buyback Saham Rp 1,22 triliun

09:20:25 | 22 Apr 2014
XL Tuntaskan Buyback Saham Rp 1,22 triliun
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT XL Axiata Tbk (XL) menuntaskan membeli kembali (buyback) saham sebanyak 2,7% atau mencapai Rp 1,22 triliun dari para pemegang saham yang menolak aksi akuisisi PT Axis Telekom Indonesia (Axis). 

Aksi transaksi tutup sendiri (Crossing Saham) dilakukan pada perdagangan Senin (21/4). Perseroan melalui PT Mandiri Sekuritas  telah melakukan  sebanyak 231,1 juta saham di pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Transaksi itu terjadi pada harga Rp 5.280. 

“Crossing saham tersebut merupakan share buyback yang dilakukan XL dari pemegang saham yang tidak menyetujui merger dan akuisisi Axis sesuai dengan hak mereka dan hasil RUPSLB pada bulan Februari,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi kemarin.

Sebelumnya, dalam RUPSLB 5 Februari 2014, pemegang saham yang hadir mencapai 92% dari total saham. Dari jumlah yang hadir, sebanyak 96,6% menyetujui merger dan akuisisi Axis. Sisanya menolak aksi konsolidasi tersebut. 

XL sendiri telah menyatakan siap membeli saham dari pemegang saham yang tak menyetujui aksi korporasi itu dengan memanfaatkan kas internal dan eksternal untuk membiayai buyback. 

Dampak dari aksi buyback ini  jumlah saham Axiata Investments Indonesia sebagai pemegang saham mayoritas  bertambah dari 66,49% menjadi 69,25% pada saat ini. Sementara, publik berkurang menjadi sebesar 30,64%.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year