telkomsel halo

Pelepasan Saham Mitratel Dikabarkan Molor

08:31:55 | 25 Sep 2013
Pelepasan Saham Mitratel Dikabarkan Molor
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Rencana PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk melepas 49% sahamnya di PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) sepertinya akan molor dari target yang ditetapkan yakni, September 2013.

Pasalnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu masih mengkaji skema yang paling menguntungkan untuk melepas anak usaha yang bergerak di bidang penyewaan menara tersebut.

"Masih dicari cara agar Telkom mendapatkan value yang besar jika saham Mitratel dilepas,” ungkap Direktur Utama Telkom Arief Yahya, kemarin.

Diungkapkannya, perseroan masih menimbang aksi  backdoor listing, indirect listing, atau merger untuk melepas sebagaian kepemilikan di Mitratel. “Kita mau lihat dari tiga itu mana yang paling menguntungkan bagi Telkom. Kita belum tentukan batas waktu untuk mengambil keputusan masalah ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Telkom mengungkapkan tiga perusahaan menara yang tercatat di bursa saham sudah mengajukan proposal ke konsultan yang ditunjuk yaitu, Barclays Capital.  Ketiga perusahaan itu adalah  PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Tower Bersama Infastructure Tbk (TBIG) dan PT Solusi Tunas Pratama (SUPR).

TBIG kabarnya telah menunjuk  UBS Securities sebagai penasihat keuangan untuk tender pembelian sebagian saham Mitratel itu.

Mitratel memiliki aset tiga ribu menara dengan valuasi sekitar  3 triliun rupiah. Pada 2012, Mitratel memiliki pendapatan sebesar Rp 1,6 triliun serta mencatat laba bersih sebesar Rp 305,007 miliar. Wacana melepas sebagian saham Mitratel sendiri sudah ada sejak 2011 lalu.

Selain Mitratel,  anak usaha lainnya yang tengah dalam proses dilepas sebagian sahamnya oleh Telkom adalah  PT Indonusa Telemedia atau TelkomVision.

Telkom kabarnya melepas 80% saham TelkomVision ke CT Corpora dan sudah dibalut dalam  Conditional Sales and Purchase Agreement (CSPA). Prediksi awal, pada Juli 2013 transaksi bisa rampung, namun hingga sekarang masih menggantung.

Valuasi korporasi TelkomVision sendiri sekitar US$ 200 juta beserta utang yang dimilikinya.Kedua perusahaan  menandatangani CSPA pada  pekan pertama Juni 2013. Telkom menggunakan Morgan Stanley sebagai financial advisor untuk transaksi ini.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year