Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

IHSG Bergolak, Telkom Tetap Stock Split

09:26:07 | 29 Aug 2013
IHSG Bergolak, Telkom Tetap Stock Split
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tetap melakukan aksi pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan ratio 1:5 pada 28 Agustus 2013 walau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bergolak belakangan ini.

Telkom memecah nilai saham dimana  1 saham dengan nilai nominal Rp 250, akan dipecah menjadi 5 saham dengan nilai nominal Rp 50 per saham.
Saat ini walaupun harga nominal saham Telkom Rp 250  per saham namun harga market atau harga transaksi adalah rata-rata Rp 11.591 berdasarkan data 30 hari terakhir.

“Kami mengharapkan aksi korporasi ini  dapat menggairahkan perdagangan saham sekaligus meningkatkan return per saham sehingga saham Telkom menjadi semakin menarik di mata investor,” kata  Vice President Public Relations Telkom, ArifPrabowo di Jakarta, Rabu (28/8).

Menurutnya, stock split dapat memperbesar jumlah saham yang beredar dan diharapkan mampu meningkatkan likuiditas saham.Di samping itu, dengan pemecahan saham ini akan meningkatkan affordability dengan tujuan investor retail dapat melakukan investasi pada saham Telkom.

“Langkah stock split diharapkan mampu meningkatkan transaksi perdagangan saham perseroan karena kini harganya lebih terjangkau,” ujarnya.

Dikatakannya, jika harga saham yang ditawarkan tidak terlalu tinggi maka diharapkan banyak investor yang tertarik membeli saham Telkom sehingga volume perdagangan pun akan meningkat karena saham tersebut aktif diperdagangkan dan akan semakin likuid. Hal tersebut akan diikuti dengan kenaikan return saham,sehingga saham Telkom menjadi semakin menarik di mata investor.

Pada hari pertama Telkom menjalankan langkah korporasi stock split, indeks saham perusahaan telekomunikasi merah putih ini mengalami kenaikan hingga 6,17% dari harga pembukaan di Rp 2.025 per lembar saham menjadi Rp 2.150.

Nilai ini jauh di atas kenaikan indeks saham perusahaan infrastructure & utility yang mencapai 1,44%, demikian pula dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang kemarin mengalami kenaikan hingga 1,47%.

Perseroan menjadwalkan pelaksanaan stock split tersebutpada 27 Agustus 2013,  dengan nilai nominal lama di pasar regular dan pasar negosiasi. Lalu awal perdagangan saham dengan nilai nominal baru di pasar regular dan negosiasi pada 28 Agustus 2013.

Tanggal terakhir penyelesaian transaksi saham dengan nilai nominal lama di pasar regular dan negosiasi pada 30 Agustus 2013, dan penentuan daftar pemegang saham dan rekening efek yang berhak atas saham hasil stock split pada 30 Agustus 2013.

Sementara pendistribusian saham hasil stock split kepada pemegang rekening efek, dan tanggal dimulainya pemegang saham yang sahamnya tidak dimasukkan dalam penitipan kolektif untuk memproses stock split pada 2 September 2013. Penyelesaian transaksi saham dengan nilai nominal baru pada 2 September 2013.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year