telkomsel halo

XL Disuntik Pinjaman US$ 100 juta

07:38:03 | 28 Aug 2013
XL Disuntik Pinjaman US$ 100 juta
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko)  –  PT XL Axiata Tbk (XL) mendapatkan suntikan pinjaman senilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,09 triliun dari Bank Of Tokyo Mitsubishi.

Dikutip dari Keterbukaan Informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), (27/8), Sekretaris Perusahaan XL Axiata, Murni Nurdini mengungkapkan pinjaman didapat pada  26 Agustus 2013 lalu dengan  jangka waktu selama 3 tahun, terhitung sejak tanggal penarikan.

Alokasi dana ini, akan digunakan untuk belanja modal tahunan perseroan. Untuk diketahui, XL telah membelanjakan Rp 4 triliun  untuk investasi dalam infrastruktur data selama enam bulan pertama di tahun 2013, yang menggunakan kombinasi dana internal dan hutang.
 
Untuk kuartal kedua 2013, XL telah menandatangani perjanjian pinjaman baru dalam dollar AS dengan Bank Standard Chartered pada Mei 2013 sebesar US$ 50 juta.
Selama semester pertama 2013  jumlah hutang XL meningkat menjadi Rp 17,1 triliun   dari tahun sebelumnya Rp 12,7 triliun  dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1.2x menjadi 1.7x.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi menjelaskan pelemahan rupiah hanya berpengaruh pada investasi yang dikeluarkan perseroan karena pendanaan mayoritas dalam rupiah sementara pembelian perangkat menggunakan dollar AS. "Kalau utang tak berpengaruh karena kita sudah lindung nilai," katanya.

Sebelumnya, dalam kajian yang dibuat Fitch, utang dollar AS dari XL hanya 19% dari total utang atau sekitar US$ 310 juta dimana 92% dilakukan hedging sehingga aman bagi perseroan dari dampak pelemahan nilai tukar rupiah.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year