telkomsel halo

Penjualan Smartphone Melambat di April dan Mei

13:41:11 | 06 Jul 2013
Penjualan Smartphone Melambat di April dan Mei
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Penjualan smartphone secara global mengalami pelambatan selama bulan April dan Mei 2013 karena tengah lesunya pasar Jepang dan Eropa.

Dikutip dari Cellular-News (5/7),   Counterpoint Research mengungkapkan, Samsung masih menguasai pasar diikuti oleh Apple selama dua bulan tersebut. Namun, posisi di nomor tiga ke bawah terjadi perubahan klasemen.

LG berhasil mempertahankan posisi ketiga diikuti Huawei di keempat. Sony berhasil menduduki posisi kelima, sementara ZTE melorot ke posisi ketujuh.

Produk Sony  Xperia Z telah terjual sebanyak satu juta unit selama satu bulan dan menjadi penguasa di pasar Jepang mengalahkan Smasung dan Apple untuk pertama kalinya.

HTC yang menduduki posisi kedelapan juga sukses di Eropa. Sementara  ZTE dan Lenovo  mengalami pelambatan penjualan di China karena mulai mendapatkan perlawanan dari merek lokal seperti  Coolpad, Hisense, TCL, dan Skyworth.  

Direktur Counterpoint Research Peter Richardson memperkirakan keuntungan dari penjualan smartphone selama kuartal kedua 2013 akan melambat, terutama bagi penjualan iPhone dan  Galaxy S4 karena tidak besarnya penjualan.

Produk iPhone5 terjual sebanyak 8 juta unit selama bulan Mei 2013. Sementara Galaxy S4 dalam waktu dua bulan sejak peluncuran akhir April  terjual 20 juta unit.

Sebelumnya, Gartner memperkirakan smartphone akan mendominasi penjualan ponsel  pada 2013 dan bisa menembus 1 miliar unit. Sedangkan total penjualan ponsel secara global pada 2013 sekitar   1.9 miliar unit.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year