Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

CP Resmi Lepas Saham di Tri

13:46:47 | 27 Feb 2013
CP Resmi Lepas Saham di Tri
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kabar yang beredar sejak September 2012 itu ternyata menjadi kenyataan.

Charoen Popkhand Group (CP), sebagai salah satu pemegang saham di  PT Hutchison CP Telecommunications Indonesia (HCPT) benar melepas kepemilikannya di operator yang dikenal dengan merek dagang Tri itu.  

President Director & CEO Tri Manjot Mann dalam pernyataannya menyatakan komposisi kepemilikan dari perseroan memang telah berubah yakni Hutchison Whampoa Group menguasai sebanyak 65% dan 35% oleh grup perusahaan dibawah komando Garibaldi Thohir atau lebih dikenal dengan Boy Thohir.

“Komposisi kepemilikan saham memang sudah berubah saat ini. Kami tak bisa ungkap nilai transaksinya,” ungkap Mann dalam holding statement-nya,  Rabu (27/2).
 
Sebelumnya, kabar tentang diakuisisinya saham Tri sudah menyeruak sejak September 2012. Sayangnya konfirmasi tak bisa didapat dari keluarga Thohir.

Kabar ini semakin kencang ketika mantan Head of Regulatory and Government Relation Axis Chandra Hawan Aden, bergabung ke Tri sebagai salah satu direksi pada awal tahun 2013. Chandra dikabarkan sebagai perwakilan dari pemilik saham baru yakni Boy Thohir.
 
Sejarah Tri
PT. Hutchison CP Telecommunications Indonesia (HCPT) sebelumnya bernama PT. Cyber Access Communications yang telah mendapat izin sebagai operator seluler GSM pada 2004.

CAC diambil alih oleh Hutchison Telecommunications International Ltd (HTIL) dari Hongkong yang menguasai 65% sahamnya melalui anak usaha Hutchison Whampoa. Sedangkan Charoen Popkhand Group dari Thailand menguasai  35% saham  HCPT.

HTIL merupakan penyedia layanan 3G   yang menjalankan tiga merek telekomunikasi yang berbeda yaitu Hutch, Kasapa dan Three (Tri/3) di sembilan pasar di Afrika dan Asia termasuk Indonesia.

Sementara Charoen Pokphand merupakan perusahaan multinasional Thailand yang telah ada di Indonesia sejak 1971 dengan mempekerjakan 30.000 pegawai.

Kedua investor asing ini berinvestasi di Tri  sekitar  US$ 1,4 miliar untuk mengembangkan layanan  di Indonesia. HCPT beroperasi komersial mulai Maret 2007.

Pada 2011 HCPT mendapatkan alokasi penambahan kanal frekuensi berbasis teknologi generasi ketiga (3G) sebesar 5 MHz. Ini merupakan penambahan  frekuensi berbasis 3G.
     
Tri baru memiliki 22 juta pelanggan seluler dengan pengguna data sekitar 13,5 juta.
Operator ini  memiliki 10 ribu unit node-B untuk 3G dan 15 ribu base station transceiver 2G yang ditopang oleh 15 ribu titik menara.

Sosok Garibaldi
Garibaldi  Thohir adalah salah seorang terkaya versi majalah Fortune berkat perusahaan batubara  PT Adaro Energy Tbk. Adaro kini bertengger di posisi kelima produsen batu bara terbesar di dunia.  

Pria berusia 45 tahun ini sebelumnya ditahbiskan sebagai salah satu dari 2.000 orang terkaya di dunia versi majalan Forbes. Menempati posisi ke-1.015 dunia atau 15 orang terkaya di Indonesia, Garibaldi ditaksir memiliki kekayaan hingga US$1,2 miiliar.

Selain menjadi orang nomor satu di Adaro, Garibaldi juga menjabat sejumlah posisi strategis lain, di antaranya: Presiden Direktur PT Alam Tri Abadi, Presiden Komisaris PT Jasa Power Indonesia dan PT Adaro Power, serta Komisaris PT Indonesia Bulk Terminal.

Kabar beredar mengatakan Boy dibantu  Northstar Pacific Indonesia untuk mendapatkan saham CP di Tri.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year