Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Tri Lepas Menara Agar Fokus ke Bisnis Inti

17:38:52 | 17 Jan 2013
Tri Lepas Menara Agar Fokus ke Bisnis Inti
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – PT Hutchison CP Telecommunications (Tri) mengakui telah melepas 300 menara telekomunikasi miliknya ke PT Solusi Tunas Pratama  Tbk (SUPR) sebagai bagian dari strategi perseroan untuk fokus ke bisnis intinya.

Chief Commercial Officer Tri Bhuwan Kulshreshtha melalui jawaban tertulisnya kepada indotelko mengakui perseroan  telah menandatangani akta novasi atas suatu perjanjian jual beli menara dengan Solusi Tunas Pratama  pada tanggal 10 Januari 2013.

“Novasi tersebut memberikan hak dan kewajiban bagi STP untuk membeli sampai dengan 300 menara milik Tri dalam jangka waktu tertentu, dan kemudian menyewakan kembali (lease back) menara  yang telah dibeli tersebut kepada Tri,” katanya dalam pernyataan tersebut.

Dijelaskannya, langkah ini merupakan bagian dari strategi Tri untuk semakin fokus pada bisnis intinya, yakni menghadirkan layanan internet mobile berkelas dunia kepada masyarakat di Indonesia.

“Optimalisasi aset yang berdampak pada efisiensi biaya operasional akan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan secara jangka panjang dan memberikan manfaat maksimal kepada pelanggan. Dengan basis lebih dari 21 juta pelanggan, Tri dapat lebih leluasa memperluas jangkauan layanan secara lebih terukur dan efisien,” tegasnya.

Sebelumnya, manajemen  Solusi Tunas Pratama mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan Tri untuk pembelian 300 menara milik operator itu.

Selain dengan Solusi Tunas Pratama, Tri yang dikabarkan sebagian sahamnya telah dikuasai oleh pengusaha lokal ini  menjual sekitar 1.500 menaranya PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).
 
Nilai satu menara untuk transaksi dengan Protelindo diperkirakan sekitar US$ 110 ribu.(ak)
 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata