telkomsel halo

Satu aplikasi untuk beragam kemudahan di DD Apps

04:07:00 | 22 Feb 2024
Satu aplikasi untuk beragam kemudahan di DD Apps
Aplikasi Dompet Dhuafa (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Mempermudah layanan bagi masyarakat, menjadi langkah utama Dompet Dhuafa menghadirkan DD Apps di platform Android dan IOS. Beragam fitur seperti donasi mulai dari zakat, infak, sedekah, kemanusiaan, ibadah, pendaftaran relawan hingga akses laporan publik Dompet Dhuafa benamkan di DD Apps.

Hadirnya DD Apps tentu melengkapi inovasi digital yang terus Dompet Dhuafa kembangkan di era kemajuan teknologi dengan menyasar kaum Milenial yang tercatat sebesar 44% dan Gen Z sebesar 6% dan potensi peningkatan hingga 15%.

Mengembangkan inovasi teknologi di era digitalisasi menjadi sebuah keharusan. Aplikasi Dompet Dhuafa dengan beragam fitur menjadi terobosan baru Dompet Dhuafa dimana sebelumnya pernah dikembangkan pada kurun waktu 2011. Melalui DD Apps masyarakat dapat berdonasi, berzakat, sedekah, memanfaatkan fitur ibadah hingga memantau laporan publik dari kinerja Dompet Dhuafa.

Dikatakan Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti kehadiran DD Apps melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa. Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat.

"Karena di Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana semata, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan, tentu transparansi pelaporan penggunaan dana, turut kami sajikan di DD Apps. Keterlibatan masyarakat untuk menjadi relawan dan menikmati sajian liputan berupa artikel dan video juga kami tanamkan di aplikasi ini," jelasnya dalam agenda Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK, pengenalan DD Apps beberapa waktu lalu.


Sementara, Senior Officer Penghimpunan Digital, Adi Kurniawan mengatakan, aplikasi Dompet Dhuafa atau DD Apps menyediakan dua fitur utama, yakni Donasi dan Ibadah. Pada fitur Donasi, kita dapat menyalurkan dana kebaikan yang tidak hanya mencakup infak, tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus untuk kemanusiaan hingga mambayar atau mencicil hewan kurban.

"Sedangkan untuk fitur Ibadah, DD Apps menyediakan Jadwal Salat, Al-Qur’an digital yang dilengkapi dengan audio, Kalkulator Zakat untuk menghitung berapa zakat yang wajib dikeluarkan, Jemput Zakat agar Anda tidak perlu pergi ke luar rumah hingga menu Tanya Ustaz yang akan terhubung langsung untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya Ziswaf," ujarnya. 


Adi menambahkan, tak berhenti sampai di situ, DD Apps juga menyediakan fitur lainnya, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa yang dapat diakses oleh seluruh donatur. Untuk mengikuti aktivitas di Dompet Dhuafa, DD Apps dilengkapi fitur pendaftaran Care Visit bagi para donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan dan fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari Gerakan kebaikan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV).

"Ada pula fitur Berita Terbaru yang akan menginformasikan seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa. Pada Aplikasi Dompet Dhuafa masyarakat juga dapat memilih bantuan kemudahan dalam berdonasi, seperti layanan jemput zakat, penghitungan zakat dengan kalkulator zakat hingga konsultasi ziswaf," jelasnya. 


Sedangkan Etika menegaskan, sebagai Gerakan kebaikan, tentu Dompet Dhuafa tidak mampu menjalankannya sendirian. Melalui aplikasi ini, tentu membuka peluang semakin luas untuk masyarakat Indonesia berkontribusi dalam gerakan kebaikan. "Karena kolaborasi dari berbagai pihak terus kami jalin untuk menguatkan gerakan kebaikan, salah satunya melalui DD Apps," ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara, Martin Adiyono mengutarakan, DD Apps merupakan proses transformasi digital, awalnya donasi dihimpun secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga, Dompet Dhuafa memiliki ide, tujuan nya bisa donasi langsung, serta tercepat dalam notifikasi kepara donatur. "DD Apps ini memiliki keamanan fitur, karena sebelum pada saat log in ada beberapa langkah yang harus diisi termasuk penggunaan kode OTP," katanya.


Proses pembayaran donasi di DD Apps pun sangat mudah, yakni bisa dilakukan melalui transfer di mobile banking atau ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, dan sebagainya. Dengan beragam fitur dan kemudahan yang disediakan oleh DD Apps, di Ramadan mendatang, Anda tak perlu lagi takut salah memilih aplikasi yang tepat untuk menunjang kebaikan Anda. DD Apps akan mempermudah segala niat baik Anda. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year