telkomsel halo

MDI Ventures + Edtech Cakap, beri pelatihan digital bagi UMKM

05:49:00 | 03 Jan 2024
MDI Ventures + Edtech Cakap, beri pelatihan digital bagi UMKM
CSR MDI Ventures + dan Edtech Cakap (dok)
YOGYAKARTA (IndoTelko) - Di tengah geliat pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri, MDI Ventures berkolaborasi dengan edtech Cakap, menyelenggarakan program bertajuk "Digibiz: UMKM Bangkit Bersama Digital".

Program ini merupakan program beasiswa pembelajaran digital marketing untuk meningkatkan daya saing pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah tren penggunaan marketplace dan tingginya minat belanja berbasis online di kalangan masyarakat.

Program Digibiz: UMKM Bangkit Bersama Digital ini juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial (CSR) kedua perusahaan, yang ditujukan untuk memberdayakan dan mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah untuk mengasah ilmu digital marketing berikut strategi pemasaran bisnis UMKM melalui media digital.

CFO & Shared Services MDI Ventures, Roby Roediyanto, dalam kick off atau upacara pembukaan program CSR menyampaikan tingginya antusiasme pelaku UMKM terhadap kegiatan ini. Ia meyakini bahwa kegiatan ini dapat mendukung pertumbuhan usaha UMKM di wilayah tersebut.

"Program ini merupakan bukti nyata penerapan prinsip ESG (Environmental, Social and Governmental) di lingkungan Telkom Group. Kami juga yakin bahwa transformasi digital akan sangat mendukung rekan-rekan UMKM untuk menguasai bidang digital marketing," katanya.

Pelatihan interaktif yang akan dimulai pada bulan Januari 2024 dan berlangsung hingga Maret 2024 mendatang, mencakup sejumlah materi seputar pemasaran di media sosial seperti Whatsapp Business, TikTok, Instagram, dan Facebook. Peserta tidak hanya mendengarkan paparan, tetapi juga terlibat dalam diskusi, demonstrasi, dan kajian kasus yang relevan untuk UMKM di Jogja dan Jawa Tengah.

Keunikan acara ini adalah peserta UMKM yang hadir akan mendapatkan kelas pemasaran gratis secara online selama bersama trainer berpengalaman di bidang pemasaran digital.

Pembukaan program diselenggarakan dalam sebuah diskusi yang menghadirkan pakar pemasaran digital Habib Hidayat Tullah, yang memberikan wawasan mendalam tentang pemanfaatan media sosial dalam pemasaran, serta strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan di media sosial.

Pada kesempatan yang sama, Chief Growth Officer Cakap, Margarita Tan menyatakan bahwa, sebagai platform pembelajaran, Cakap mendukung pelatihan seperti ini, karena sejalan dengan visi-misi perusahaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. "Pelatihan seperti ini, bisa memberi dampak nyata bagi UMKM. Misalnya bisnis yang mereka jalankan akan lebih tumbuh jika dipasarkan secara digital," ujarnya.

Acara ini tidak hanya memberikan pencerahan tentang pemasaran digital, tetapi juga menciptakan ekosistem interaktif yang memungkinkan pertukaran pengalaman dan pengetahuan baik dari trainer kepada peserta, maupun antar sesama UMKM di Jogja dan Jawa Tengah. Dengan dukungan MDI Ventures dan Cakap, diharapkan UMKM di wilayah tersebut dapat lebih percaya diri dan berhasil dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year