telkomsel halo

Tentang Anak ajak orang tua dan Guru kenali stimulasi kecerdasan si kecil sejak dini

08:14:00 | 14 Dec 2023
Tentang Anak ajak orang tua dan Guru kenali stimulasi kecerdasan si kecil sejak dini
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Tentang Anak, merayakan tiga tahun perjalanan sebagai ekosistem dan aplikasi tumbuh kembang anak terpercaya, dengan kembali membuktikan komitmennya untuk mencerdaskan keluarga dan anak di seluruh pelosok Indonesia. Dengan slogan "Semua Anak Berhak Bahagia", Tentang Anak membuat edukasi Stimulasi Tepat Cerdaskan Si Kecil menjadi momen edukatif bersama anak-anak, orangtua, guru PAUD, dan tim Puskesmas di Jagakarsa.

Data World Population Review tahun 2022 menunjukan bahwa rata-rata IQ Indonesia hanya mencapai 78,49. Bahkan, Indonesia menempati ranking dengan IQ terendah di Negara-Negara ASEAN.

Rendahnya tingkat kecerdasan intelektual ini membuat Indonesia sulit berkembang dan bersaing dengan negara-negara maju di sekitarnya. Oleh karena itu, mengenali stimulasi kecerdasan pada anak-anak sejak dini, sangat penting untuk mendukung kualitas tumbuh kembang generasi Indonesia masa depan.

Tentang Anak bersama Puskesmas Jagakarsa berkolaborasi memberikan edukasi terkait stimulasi kecerdasan anak yang bisa dilakukan baik di Sekolah maupun di rumah.

Menurut Praktisi Anak Usia Dini & Expert Tentang Anak, Gianti Amanda, M.Psi.T., Montessori, Dipl. - yang diundang sebagai narasumber - tidak perlu mainan canggih dan mahal untuk menstimulasi kecerdasan anak. "Kita bisa gunakan bahan dan alat di sekitar kita, atau bahkan tanpa alat sekalipun," katanya. Gianti dalam penjelasannya menekankan bahwa kehadiran dan dukungan utuh dari orangtua, guru, dan orang sekitar dalam mendukung tumbuh kembang anak lebih bermakna dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Kegiatan edukasi kali ini tidak hanya mengajak 62 orangtua dan guru PAUD, namun juga melibatkan anak-anak dalam berbagai kegiatan menarik dan kreatif. Anak-anak yang berasal dari 30 PAUD di Jagakarsa dilibatkan dalam kegiatan membaca nyaring, menari, dan mewarnai bersama tim Volunteer Tentang Anak.

Sementara, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Jagakarsa, Titin Yeni menyampaikan rasa terima kasih atas upaya Tentang Anak melibatkan orangtua, anak-anak, serta guru PAUD di Jagakarsa dalam meningkatkan kecerdasan anak Indonesia. "Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa diimplementasikan di rumah dalam mendidik anak-anak kita," pesannya.

Sesi edukasi Stimulasi Tepat Cerdaskan Si Kecil diakhiri dengan pembagian 50 Buku Anak dan Tentang Anak kepada anak-anak dan guru PAUD yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, MPH - Dokter Spesialis Anak & Founder Tentang Anak berharap, Buku Tentang Anak membawa kebahagiaan dan bisa mendampingi masa kecil anak-anak di Jagakarsa dan seluruh anak di Indonesia.

Tentang Anak akan terus berkomitmen untuk membantu meningkatkan literasi dan mencerdaskan Anak Indonesia melalui buku-buku yang dibuat langsung oleh dokter anak, psikolog anak dan praktisi montessori. Aplikasi Tentang Anak dapat diunduh dan digunakan secara gratis melalui Play Store dan App Store. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year