telkomsel halo

Menakar Fan Token di masa depan mata uang digital olahraga

03:45:00 | 22 Apr 2023
Menakar Fan Token di masa depan mata uang digital olahraga
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) Pada minggu lalu, di pasar Upbit Indonesia, terjadi lonjakan harga beberapa fan token sepakbola dan sempat mengalami kenaikan hingga 42.3% dalam capaiannya dengan kurun waktu 24 jam pada 11/4 lalu.

Hal ini mendorong keinginan banyak pelanggan aset kripto untuk mencari tahu informasi mengenai Fan Token Klub Sepakbola.

Fan Token Sepakbola sendiri hadir sebagai salah satu tren di dunia kripto yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Melansir Coinmarketcap.com, fan token sepakbola adalah salah satu jenis kripto yang memungkinkan pemegangnya mengakses pelbagai fasilitas keanggotaan (membership) a la penggemar, misalnya memberikan hak suara pada keputusan klub tertentu atau mendapatkan hadiah.

Dalam sejarahnya, Fan Token Sepakbola pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 oleh Socios.com, platform yang menawarkan solusi tokenisasi untuk klub sepak bola. Sejak kehadiran Fan Token pertama kali, banyak klub dan tim olahraga besar yang mulai menerbitkan Fan Token sendiri.

Token Chiliz merupakan fan token pertama yang diciptakan dan yang paling bertahan, sehingga bisa mendorong kemunculan berbagai token kripto baru seperti Napoli Fan Token, Manchester City Fan Token, AC Milan Fans Token dan lainnya.

Chiliz (CHZ) adalah mata uang kripto yang dibangun pada blockchain Ethereum yang memungkinkan penggemar olahraga dan hiburan menerima insentif dan aktivitas mereka dengan tokenisasi.

Di marketplace Socios, penggemar bisa membeli dan menukarkan token penggemar atau NFT dan berpartisipasi atau mengarahkan survei atau jajak pendapat tentang klub.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, mereka kini bisa secara aktif hadir serta mengarahkan keputusan dalam tim. Contohnya, pemegang fan token bisa memiliki pengaruh dalam menentukan lineup awal, nama stadion, atau bahkan desain seragam.

"Bisa dikatakan, fan token adalah pintu emas bagi penggemar. Pemegang token memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan tim. Inilah yang membuat fan token menarik banyak minat para penggemar," kata VP of Operations Upbit Indonesia Resna Raniadi.

Pada dasarnya, fan token memiliki kapitalisasi pasar yang kecil dalam pasar kripto secara keseluruhan. Namun, pada momen tertentu, trader bisa mendapatkan keuntungan dengan fluktuasi harga yang terjadi.

"Hal ini bisa kita lihat ketika momen Piala Dunia tahun lalu yang membuat beberapa token mengalami lonjakan harga menjelang digelarnya turnamen. Bahkan beberapa di antaranya dapat mencapai harga tertinggi atau all-time high (ATH). Hal ini menjadi angin segar yang membuat animo fan token meninggi. Di tengah kondisi pasar kripto yang dinamis, fan token menjadi sumber pendapatan baru bagi tim sepak bola sehingga bisa menjadi model masa depan ekonomi olahraga. Selain itu, fan token juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan loyalitas penggemar," katanya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year