Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75
telkomsel halo

New Normal, perubahan bisnis harus dilakukan

05:24:17 | 13 Aug 2020
New Normal, perubahan bisnis harus dilakukan
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pelaku usaha harus melakukan perubahan bisnis dengan berbasis digital jika ingin bertahan dan terus tumbuh di era new normal.

Survey iCIO Community yang bertajuk ‘Indonesia CIO Priorities Survey During Pandemic COVID 19 & Beyond’ mengungkapkan sebanyak 57% responden menyatakan bahwa perubahan model bisnis baru berbasis digital harus segera dilakukan jika perusahaan atau organisasi mereka ingin bertahan dan bisa terus tumbuh.

Lalu disebutkan juga tiga teknologi yang menjadi prioritas untuk diadopsi hingga setahun ke depan yaitu; virtual meetings & collaboration tools; digital channel & commerce, dan network access & cyber security.

“Saat ini kita memasuki era baru yaitu era digital, dimana perusahaan dituntut untuk berubah agar bisa beradaptasi dengan tuntutan bisnis yang terus berkembang dengan cepat. Dan pandemic covid-19 ini memaksa kita untuk semakin mempercepat proses transformasi digital di perusahaan atau organisasi kita masing-masing” ujar Koordinator Divisi Riset iCIO Community Abidin Riyadi Abie.

Paket Semangat Kemerdekaan
Pengusaha Sandiaga Uno mengakui teknologi saat ini menjadi primadona setelah pemerintah dan perusahaan menggalakkan kerja dari rumah. Akibatnya kebutuhan masyarakat akan jaringan komunikasi yang mumpuni pun meningkat. Perkembangan di teknologi informasi dan komunikasi, mempengaruhi kebutuhan masyarakat misalnya untuk berbelanja secara online.  

“Kita telah menyaksikan adopsi dan transformasi digital yang luar biasa cepat hanya dalam enam bulan terakhir dan tren ini sangat mungkin untuk terus meningkat. Seiring upaya untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi, organisasi juga harus berpikir ulang tentang bagaimana mereka bisa memasarkan produk atau solusi sebagai bisnis digital. Kami tahu bahwa perubahan menjadi sebuah bisnis digital sangat kompleks dan berbeda dari satu organisasi ke organisasi lain,” kata General Manager, Dell Technologies Indonesia Richard Jeremiah.

HUT RI ke 75
Presiden Direktur Virtus  Erwin Kuncoro menambahkan pebisnis saat ini perlu mempersiapkan strategi transformasi digital yang baru. Strategi ini berangkat dari 3 aspek: Pertama SDM yang membutuhkan talenta dan mindset baru; Kedua aspek teknologi yang harus customer centric dan gesit; Ketiga yaitu proses bisnis yang berfokus pada data driven dan digital value.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
XL Ditengah Pandemi
Kuota Ketengan