Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Soal e-wallet, XL:Kita gak sanggup lawan yang besar-besar

06:14:00 | 10 Sep 2019
Soal e-wallet, XL:Kita gak sanggup lawan yang besar-besar
Dian Siswarini
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemakaian e-wallet mulai menanjak di Indonesia.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, sudah ada 38 layanan e-wallet yang mendapatkan lisensi resmi. Pada 2018, transaksi e-wallet di Indonesia mencapai angka US$ 1,5 miliar dan diprediksi akan meningkat menjadi US$ 25 miliar pada 2023.

Berdasarkan data kuartal kedua 2019 dari App Annie, 5 besar aplikasi e-wallet dengan pengguna aktif bulanan terbanyak masih diduduki oleh pemain lokal yaitu GoPay, Ovo, Dana, LinkAja dan Jenius.

Februari 2019, GoPay berhasil menyentuh angka transaksi sebesar US$6,3 miliar dengan total 70% didapatkan dari transaksi GoJek menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran.

Transaksi e-wallet diyakini kian melaju pasca adanya Sistem pembayaran berbasis Quick Response (QR) Indonesia Standard (QRIS) oleh Bank Indonesia.

Hal yang menarik adalah dari lima besar pengguna e-wallet hanya tersisa satu dari operator (LinkAja) dan Bank (Jenius). Padahal, kala e-wallet pertama kali diperkenalkan, pemain dari operator seluler (telco) dan bank adalah pionirnya.

Di awal kemunculannya, ada e-wallet Dompetku (Indosat), XL Tunai (XL), dan TCASH (Telkomsel). Nama terakhir menjadi LinkAja seiring sinergi sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kian serius bermain di e-wallet.

Indosat sejak dua tahun lalu menggandeng PT Solusi Pasti Indonesia (SPI) yang mengelola uang elektronik PayPro untuk mengembangkan Dompetku.

Bagaimana dengan XL? Saat ini XL Tunai masih menjadi unit bisnis dari anak usaha Axiata itu.

"Kita gak sanggup lawan yang besar-besar di e-wallet. Saat ini XL Tunai masih ada dan digunakan untuk local loop saja," ungkap Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini belum lama ini.

Ditambahkannya, XL dalam menjalankan Digital Business mengikuti strategi yang dilakukan induk usaha Axiata. "Kan Axiata punya anak usaha yang fokus di Digital Business, jadi sekarang dikelola anak usaha itu untuk Digital Business," katanya.

Telkom Marketing 2
Asal tahu saja, pamor XL Tunai di produk eMoney milik operator lumayan wahid. Produk ini sempat bersaing dengan eMoney milik Bank Mandiri dari sisi transaksi yang dihasilkan. (Baca: XL Tunai)

XL Tunai adalah suatu layanan uang elektronik dari XL yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel.

Angkasa Pura 2
Jenis transaksi yang bisa digunakan adalah beli pulsa XL, bayar tagihan, belanja di toko, belanja online, serta kirim uang dalam negeri dan luar negeri yang semuanya dapat dilakukan kapan saja maupun dimana saja.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma