Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Alcatel-Lucent dan Chunghwa Hadirkan G.fast di Taiwan

09:45:23 | 15 Sep 2015
Alcatel-Lucent dan Chunghwa Hadirkan G.fast di Taiwan
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
PARIS (IndoTelko) - Alcatel-Lucent  dan Chunghwa Telecom akan memulai penggelaran komersial pertama di dunia teknologi akses ultra-broadband G.fast, yang akan memungkinkan akselerasi konektivitas ‘last mile’ untuk mengirimkan kecepatan seperti serat ultra-cepat (ultra-fast fibre) ke rumah-rumah di manapun.

Saat ini 68% rumah di Taiwan menggunakan kabel broadband untuk akses Internet. Akan tetapi, dengan meningkatnya permintaan TV 4K serta layanan-layanan video streaming HD, kebutuhan akan akses ultra-broadband semakin meningkat.

Untuk mengatasi kebutuhan ini, Chunghwa Telecom tengah melakukan peluncuran infrastruktur FTTx (serat-tembaga) secara nasional ke konsumen-konsumen perumahan dan bisnis menggunakan kombinasi teknologi serat dan tembaga.

Untuk mengakselerasi penggelaran ini serta memungkinkan pengiriman kecepatan mendekati-gigabit, Chunghwa Telecom akan menggelar teknologi GPON dan G.fast Alcatel-Lucent.

Alcatel-Lucent dan lembaga penelitiannya yaitu Bell Labs telah berperan sebagai perintis dalam pengembangan serta implementasi G.fast, yang telah diujicoba oleh lebih dari 30 operator di seluruh dunia.

G.fast, khususnya, memungkinkan para penyelenggara layanan menyediakan akses ultra-broadband ke lokasi-lokasi di mana penggelaran serat sulit dilaksanakan, dengan cara menggunakan bagian akhir infrastruktur tembaga yang disambungkan ke lokasi-lokasi untuk menghantarkan kecepatan ultra-tinggi.

Selain itu, G.fast menghapuskan kebutuhan untuk memasang ulang kabel di seluruh gedung dan rumah, bagian yang paling menghabiskan biaya serta waktu dari penggelaran FTTx.

Kombinasi serat dan G.fast akan memungkinkan Chunghwa Telecom menyediakan broadband cepat ke puluhan ribu rumah di Taiwan dalam waktu dua tahun, dan juga melaksanakan rencana dari Komisi Telekomunikasi Nasional negara untuk meningkatkan akses broadband tetap di lokasi-lokasi perumahan yang sulit dijangkau.

Paket Semangat Kemerdekaan
Chunghwa Telecom akan meluncurkan layanan ultra-broaband menggunakan G.fast ke 8,4 juta rumah, gedung bertingkat baik tinggi maupun rendah di Taiwan pada triwulan ke empat 2015.

“Dengan teknologi G.fast Alcatel-Lucent kami akan siap meluncurkan layanan jaringan berkecepatan ultra-tinggi menjelang akhir tahun ini serta menawarkan kepada konsumen kami pengalaman broadband terbaik, dan dengan demikian memperkuat kepemimpinan kami di pasar broadband serat optik berkecepatan 100 Mbps hingga 1 Gbps,” kata Presiden Chunghwa Telecom Mu-Piao Shih  dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Presiden dan Direktur Utama Alcatel-Lucent Taiwan Ken Wu menambahkan Alcatel-Lucent adalah perusahaan pertama yang membawa G.fast ke pasar. “Sejak setahun yang lalu kami telah bekerjasama dengan para operator terkemuka di seluruh dunia untuk mengujicoba teknologi tersebut,” katanya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata