telkomsel halo

Alcatel-Lucent Enterprise dukung pemetaan pemulihan ekonomi berbasis digital

09:41:02 | 18 Apr 2021
Alcatel-Lucent Enterprise dukung pemetaan pemulihan ekonomi berbasis digital
JAKARTA (IndoTelko) – Alcatel-Lucent Enterprise menggelar Asia Pacific (APAC) Government Experience Day 2021 – sebuah event virtual yang membahas peran transformasi digital dalam roadmap pemulihan ekonomi (14/4).

Sampai detik ini, berbagai negara termasuk Indonesia, masih terus berjuang melawan pandemi Covid-19. Krisis kesehatan akibat pandemi global secara tidak langsung mempercepat segala hal yang berkaitan dengan digital dan mendorong pemanfaatan teknologi digital secara masif. Bekerja dari rumah (work from home) dan pembelajaran jarak jauh menjadi kegiatan normal baru yang dijalani oleh masyarakat.

“Pandemi mendorong percepatan transformasi digital di seluruh lapisan masyarakat di dunia. Sejak tahun lalu, pemerintah dan pelaku bisnis melakukan berbagai inovasi agar tetap bertahan dan menjaga agar aktivitas masyarakat tetap berjalan. Tahun ini diperkirakan menjadi tahun kebangkitan di berbagai sektor dan kami berharap PDB negara-negara di Asia Pasifik bisa naik sekitar 3-8%,” ujar Senior VP Alcatel-Lucent Enterprise, APAC Pierre Samson.

Head of Business Development Government, Alcatel-Lucent Enterprise Fatima Elleouet, mengatakan pandemi telah mendorong percepatan transformasi digital secara signifikan. Sebuah survei dari McKinsey menyatakan produk atau layanan yang beralih ke digital bahkan mengalami percepatan antara 7 - 10 tahun. Tren bekerja dari rumah (WFH) ikut membantu akselerasi transformasi digital, tidak hanya di Asia Pasifik tetapi di seluruh dunia.

“Untuk melanjutkan upaya digitalisasi, negara-negara di dunia memerlukan dukungan digital dan kepatuhan dari tingkat teratas hingga terbawah agar bisa terlibat dengan lebih baik dan fokus ke masa depan. Untuk membentuk fondasi masa depan digital diperlukan dukungan jangka panjang, kerjasama antar lembaga atau antar negara, dan saling berbagi pengetahuan,” ujar Southeast Asia, Hong Kong, Taiwan and Japan Vice President of Sales, Alcatel-Lucent Enterprise Damien Delard.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengatakan pemerintah Indonesia bersiap membuat ekosistem digital nasional dengan fokus pada penguatan infrastruktur digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital. Pemerintah juga mendukung terciptanya ekosistem digital inklusif. Era digital baru ini menciptakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas masyarakat Indonesia, dan menjadi landasan untuk bangkit dari dampak Covid-19.

Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) sendiri telah banyak membantu berbagai negara atau kota di dunia melakukan transformasi digital. Solusi dan layanan ALE telah banyak digunakan di berbagai negara di dunia baik untuk sektor kesehatan, pendidikan, transportasi, pemerintahan, dan hospitality.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year