telkomsel halo

Rupiah Merunduk, Harga Gadget masih Stabil

12:52:41 | 30 Jun 2015
Rupiah Merunduk, Harga Gadget masih Stabil
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - Nilai tukar rupiah boleh saja terus merunduk jelang lebaran, tetapi harga gadget ternyata masih tegap di pasar.

“Sekarang masih stabil harga gadget, terutama ponsel. Kalau fluktuasi terjadi di jangka pendek, biasanya disubsidi oleh importir. Kalau kenaikan (kurs) terjadi sangat drastis, baru harga akan naik. Tapi sejauh ini masih belum terlalu pengaruh,” ungkap Ketua Asosiasi Pedagang dan Importir Telepon Genggam (ASPITEG), Alie Cendrawan, kemarin.

Diprediksinya,  masa paling lama dimana rupiah melemah biasanya terjadi dalam kurun waktu setengah tahun. “Kalau nilai tukar melemah terus, para importir dan pedagang harus terpaksa melakukan penyesuaian harga, khususnya bagi seri ponsel terbaru. Untuk produk lama tidak ada penyesuaian,” katanya.

Ditambahkannya, untuk ponsel lama, kemungkinan adanya kenaikan harga justru relatif kecil, karena produknya sudah ada di Indonesia sebelum rupiah berada di level saat ini. Sehingga, sudah seharusnya pedagang juga menjual dengan harga lama.

"Harapannya harga stabil di Rp 10 ribu saja, tapi kan situasi seperti sekarang malah tidak mungkin, dan ini bukan hanya mempengaruhi Indonesia saja, malah sampai ke regional. Bagi kita yang penting stabil. Potensi pasar Indonesia lumayan besar, soalnya masyarakat suka ganti perangkat," pungkasnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year