telkomsel halo

Kinerja Vendor

Alcatel-Lucent Mulai Kembali ke Jalur Positif

11:46:10 | 02 Nov 2014
Alcatel-Lucent Mulai Kembali ke Jalur Positif
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Alcatel-Lucent (ALU) berhasil menunjukkan kinerja operasional yang cerah hingga kuartal ketiga 2014 sehingga membuat investor optimistis penyedia jaringan ini kembali ke jalur positif setelah jatuh ke jurang kerugian yang dalam.

Dikutip dari Reuters (2/11), Alcatel-Lucent berhasil menekan biaya sehingga bisa mendapatkan marjin laba kotor sekitar 34%. Investor pun memberikan apresiasi terlihat dengan naiknya saham emiten dnegan kode ALU itu sekitar 11%.

Perseroan berhasil menekan biaya tetap hingga US$ 91,4 juta sehingga total biaya terselamatkan sekitar US$ 807 juta. Angka ini sudah dua pertiga dari target manajemen mengembalikan biduk perseroan ke arus kas yang positif.

Saat ini arus kas Alcatel-Lucent masih minus US$ 101,4 juta jauh membaik dari sebelumnya US$ 284,2 juta. Alcatel-Lucent sendiri masih mengalami kerugian sekitar US$ 22,67 juta hingga kuartal ketiga 2014. Posisi ini sudah jauh membaik dibandingkan US$ 250 juta tahun lalu.

Penjualan dari Alcatel Lucent di periode yang berakhir September 2014 sebesar US$ 4,07 miliar turun 5,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$ 4,38 miliar. Tertekannya penjualan Alcatel-Lucent karena melambatnya investasi di pasar Amerika Utara.

Direktur Keuangan Alcatel Lucent Jean Raby mengatakan perseroan terus menyiapkan untuk membawa bisnis kabel lautnya ke bursa saham pada 2015, namun waktu yang tepat akan menunggu kondisi pasar nantinya.   

“Sejak peluncuran The Shift Plan, tujuan utama kami adalah perusahaan dapat menghasilkan arus kas bebas secara berkelanjutan dan berulang pada 2015. Kami terus menerus meningkatkan profitabilitas, sebuah langkah penting dalam komitmen ini,” tutup CEO Alcatel-Lucent Michel Combes.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year