telkomsel halo

Beli Saham Operator, Foxconn Bersiap Gelar 4G

11:21:38 | 28 May 2014
Beli Saham Operator, Foxconn Bersiap Gelar 4G
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Foxconn membeli saham milik operator asal Taiwan, Asia Pacific Telecom, senilai US$390 juta demi memenuhi hasratnya menjadi operator 4G di nnegara itu. 

Dilansir Reuters, Foxconn kabarnya masuk ke operator tersebut dengan melakukan private placement dan memiliki sekitar 582,9 juta saham. Pada 20 Juni mendatang, anak usaha Foxconnn dan Asia Pacific akan melakukan merger guna memuluskan aksi korproasi ini.

Foxconn sebelumnya memenangkan lisensi 4G di Taiwan dan akan menggelar layanan pada tahun ini. Perseroan membeli Asia Pacific melalui anak usahanya Ambit Microsystems. Unit ini bertanggung jawab pada pengembangan 4G, nantinya nama Ambit akan hilang dan menggunakan Asia Pacific Telecom.

Sebelumnya, Foxconnn terus mengembangkan bisnisnya di software dan cloud computing, serta berinvestasi di aplikasi seperti Mig33. Selama ini perseroan terkenal sebagai salah satu manufaktur bagi Apple.

Di Indonesia, Foxconn sudah menyatakan minat untuk mendirikan pabrik di Jakarta, tetapi hingga sekarang tak ada realisasi. Kabarnya, Foxconn menunda proses investasinya di Indonesia hingga Oktober, menunggu pemerintahan yang baru.

Pada 7 Februari lalu, Foxconn menandatangani perjanjian letter of intent (LoI) dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk berinvestasi di Jakarta sedikitnya US$ 1 miliar dalam 3-5 tahun mendatang.Lokasi yang dipilih adalah di Marunda, Jakarta Utara, yang termasuk dalam pengelolaan Kawasan Berikat Nusantara.

Salah satu calon mitra, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) mengaku belum ada finalisasi dari kerjasama itu.Erajaya sendiri pada tahun berencana membuka pabrik perakitan ponsel. Selain itu, Erajaya melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan yang ahli dalam produksi alat komunikasi dengan investasi di bawah Rp 50 miliar.

Pendirian pabrik perakitan tersebut bertujuan mengembangkan produk Erajaya, yaitu Venera, dan juga produk gadget lokal lainnya. Saat ini prosesnya dalam tahap studi kelayakan untuk diimplementasikan dua bulan mendatang.(id)     

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year