telkomsel halo

Rate Iklan Menurun, Investor Google Was-was

04:53:23 | 19 Apr 2014
Rate Iklan Menurun, Investor Google Was-was
usbat.co.vu
JAKARTA (IndoTelko) – Saham Google diketahui melemah karena para investor kecewa dengan menurunnya rate Google ads.

Meskipun secara keseluruhan pendapatan Google di kuartal tahun ini meningkat namun para pemegang saham merasa was-was dengan penurunan rate iklan Google yang saat ini mulai melemah.

Seperti dilaporkan Google, pendapatan untuk triwulan yang berakhir 31 Maret 2014 ini telah mencapai US$ 15,42 miliar. 

Pendapatan periode ini diketahui meningkat 19% dibandingkan pada kuartal pertama 2013. Namun, pencapaian tersebut meleset dari prediksi semula dari para analis keuangan sebesar US$15.52 miliar.

Keuntungan Google juga diketahui meningkat sekitar 3% menjadi US$ 3,45 miliar.

Namun begitu, harga per klik iklan yang ada di layanan Google ads ternyata menurun sekitar 9%. Ini artinya, perusahaan harus mendorong semakin banyak klik dan trafik untuk tetap mempertahankan pendapatan yang sama seperti sebelumnya, atau untuk menaikkan revenue.

Sebagai perusahaan yang memang sangat bergantung pada layanan penawaran iklan, pendapatan klik iklan merupakan hal yang cukup kritis untuk mengukur kinerja perusahaan. Terlalu banyak penurunan dapat berarti naiknya penggunaan perangkat mobile. 

Artinya, rate iklan akan lebih rendah dibanding rate iklan desktop karena memang rate iklan di mobile ads Google lebih rendah.

Google mau tidak mau harus menerima kenyataan itu mengingat OS Android merupakan pendukung utama, serta mampu menghasilkan revenue ketika layanan web-nya sendiri dimasukkan ke dalam handset. 

Perseroan sendiri hingga kuartal pertama 2014 sudah menghabiskan dana sekitar US$ 2,35 miliar untuk infrastruktur seperti membangun dan mengisi data center. Angka ini naik dua kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$ 1,2 miliar.(ss) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year