telkomsel halo

Alcatel-Lucent Rilis Aplikasi Pengukur Konsumsi Energi

09:55:18 | 09 Apr 2014
Alcatel-Lucent Rilis Aplikasi Pengukur Konsumsi Energi
Ilustrasi (Dok)
PARIS (IndoTelko)  – Alcatel-Lucent   memperkenalkan aplikasi untuk mengeksplorasi cara menggunakan teknologi agar dapat menurunkan konsumsi energi, biaya, dan jejak karbon jaringan  secara dramatis.

Aplikasi yang dikembangkan oleh lembaga penelitiannya, Bell Labs,  ini diberikan nama  Global What if Analyzer of NeTwork Energy ConsumpTion (G.W.A.T.T). 

Dalam rilisnya, perseroan menyatakan G.W.A.T.T. memberikan gambaran keseluruhan jaringan, menunjukkan seberapa banyak daya yang terpakai pada setiap titik di jaringan. Hal ini memungkinkan G.W.A.T.T. dapat cepat mengidentifikasi hot spot yaitu titik dengan konsumsi energi terbanyak di dalam jaringan, dan juga memberikan cara mengidentifikasi teknologi-teknologi yang berlainan yang dapat membuat jaringan lebih efisien. 
 
Corporate Chief Technology Officer Alcatel-Lucent dan Presiden Bell Marcus Weldon mengatakan, di tahun 2017 lebih dari 5 triliun gigabyte data akan melintas di jaringan setiap tahunnya. Jumlah ini setara dengan semua orang di planet ini  berkicau non-stop selama lebih dari 100 tahun. G.W.A.T.T. memberikan peta jalan untuk mendukung perkembangan ini secara berkelanjutan dan ekonomis.

“Aplikasi ini dimaksudkan untuk mengarahkan produk dan evolusi arsitektur masa depan. Aplikasi ini juga dapat dengan gamblang menjelaskan investasi teknologi mana yang dapat memberikan dampak terbesar pada konsumsi energy,” pungkasnya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year