telkomsel halo

10 Strategi di Bisnis TI yang menjadi Tren 2013

21:00:07 | 15 Feb 2013
 10 Strategi di Bisnis TI yang menjadi Tren  2013
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (indotelko) – Lembaga riset Gartner belum lama ini mengeluarkan 10 strategi yang bisa memberikan dampak bagi bisnis Teknologi Informasi (TI) khususnya di segmen korporasi hingga tiga tahun mendatang.
 
Dikutip dari situs lembaga tersebut, berikut 10 strategi tersebut:


1.Pertarungan di perangkat Mobile  
Dalam pertarungan di perangkat mobile hal yang menjadi pertanyaan adalah tentang nasib dari   Windows 8 miik Microsoft.  
Kehadiran Windows 8 diyakini membawa perubahan karena akhir April 2014 Windows XP tak didukung lagi untuk pasar korporasi. Kehadiran Windows 8 diyakini juga akan memberikan pengaruh ke   PC, iPad dan pengembangan aplikasi.
Pasalnya, Microsoft  dengan Windows 8 diyakini akan memiliki komputer tablet yang kompetitif dan bisa menganggu pasar  iPad.
 
2. Mobile App dan HTML5
Aplikasi mobile  dan teknologi web seperti HTML5 akan mengubah suatu aplikasi di desain dan dikembangkan.  Pengembangannya akan  hybrid dan Web application akan menggunakan  code yang sama.  
Ketika segmen mobile menjadi kian dominan maka   hybrid Web akan menjadi standarisasi dari perkembangan aplikasi.

3. Personal Cloud
Cloud computing (cloud) diyakini akan memasuki era baru yakni personal cloud. Aplikasi dan layanan yang online akan mentrasnformasi konsumen TI dimana menjadi terbiasa menyimpan konten dan mengaksesnya di cloud. Personal cloud akan menjadi pendorong di negara berkembang.  

4. The Internet of Things
The Internet of Things alias menjadikan segala sesuatu ke dunia maya akan bertransformasi dari biasanya hanya menyentuh area tertentu menjadi masuk area-area utama.

5. Hybrid IT dan  Cloud Computing
Cloud computing diyakini akan terus berkembang dengan teknologi yang mendukungnya. Mobile cloud diyakini akan berkembang juga walaupun ada tantangan di arsitekturnya yang belum siap belum lagi dari sisi financial dalam hal pasar mobile.
 
6. Big Data
Big Data membawa banyak perubahan di infrastruktur TI dan bisa mencapai US$232 miliar alokasi nilai pasarnya hingga   2016

7. Analisis Perilaku
Berkembangnya pasar mobile data, social media dan Big Data menjadikan peluang bagi pasar analisis perilaku.
 
8. Mainstream In-Memory Computing (IMC)
 Memory computing technology tumbuh cepat karena mampu mengadopsi  software dan hardware berlainan. Tetapi tantanganny adalah di arsitektur perangkat TI.
 
9. Ekosistem yang terintegrasi.
Perseroan harus pintar membuat arsitektur TI agar tak terjebak dalam standar tertentu yang berujung bergantung pada satu vendor.
 
10. Toko Aplikasi untuk korporasi   
Toko aplikasi untuk pasar korporasi ini akan menjadi tren karena bisa mengurangi resiko terhadap investasi bagi pengembang.(ep)
 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year