telkomsel halo

Tencent Cloud hadirkan pengalaman revolusioner dengan Super App TribunX

07:10:40 | 27 Feb 2024
Tencent Cloud hadirkan pengalaman revolusioner dengan Super App TribunX
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Salah satu lini bisnis berfokus pada komputasi awan (cloud) Tencent Cloud, dari perusahaan teknologi global, Tencent, bekerja sama dengan perusahaan multi-cloud terkemuka, Hi Cloud mengumumkan kolaborasinya dengan TribunNews, sebuah perusahaan media di Indonesia. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mengembangkan aplikasi Super App TribunX dalam menghadirkan pengalaman konsumsi berita yang inovatif bagi para penggunanya.

Dalam kolaborasi ini, Tencent Cloud berperan penting dalam memberikan solusi inovatif untuk membangun infastruktur aplikasi yang disempurnakan. TribunX Super App kini bergabung dalam deretan super app yang semakin marak di Asia. Pertama kali diciptakan untuk menggambarkan aplikasi WeChat Tencent, aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi terpadu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menawarkan fitur-fitur seperti pengiriman makanan dan berbelanja, e-commerce, ride-hailing, pembayaran digital, konsumsi media sosial, layanan keuangan, dan banyak lagi.

Data dari Gartner, tahun 2027 akan ada lebih dari 50% populasi di dunia yang secara rutin menggunakan super apps sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memanfaatkan canggihnya teknologi dari Tencent Cloud, TribunX Super App ingin memposisikan diri sebagai platform andalan untuk konsumsi berita digital. Dengan lebih dari 1 juta unduhan, TribunX Super App menghadirkan pengalaman yang terintegrasi dengan sempurna, memadukan konten berita dari Tribunnews dan kontribusi jejaring Tribun lainnya, termasuk Tribun Video, sebuah platform berita video, serta Tribun Jual Beli, sebuah platform e-commerce khusus untuk transaksi barang bekas.

Platform komprehensif ini mengintegrasikan pembaruan berita terkini dengan berbagai layanan, termasuk berita global real-time, video-on-demand (VOD), laporan video langsung, layanan pemesanan tiket, dan fitur jejaring sosial bernama TribunMe, yang memungkinkan pengguna terhubung dengan tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia.

TribunX memiliki akses ke teknologi pemrosesan video cloud milik Tencent Cloud dalam menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para penggunanya. Dengan fitur-fitur seperti Real-Time Messaging Protocol (RTMP), Adaptive Bitrate, dan Live Transcoding, pengguna dapat menikmati pengalaman audio-visual berkualitas tinggi tanpa hambatan pada perangkat atau jaringan apa pun. Selain itu, Digital Rights Management (DRM) memiliki lapisan keamanan ekstra, menjadikan super app sebagai platform yang aman dan terpercaya. Sementara Global Content Delivery Network (CDN) milik Tencent Cloud memastikan akses yang cepat dan andal pada konten TribunX di berbagai wilayah, memberikan pengalaman pengguna aplikasi ke level yang lebih tinggi.

TribunX telah berhasil menerapkan strategi mobile-first dengan dukungan Tencent Cloud, yang memastikan kemudahan migrasi dan manajemen, stabilitas, keamanan, dan efektivitas biaya. Melalui solusi Tencent Cloud seperti Tencent Online Video Platform (TOVP), Tencent Cloud Object Storage (COS), dan Tencent Cloud Database (DB), pengguna kini dapat menikmati konten-konten Tribun sekaligus menikmati fitur tambahan seperti streaming langsung, video-on-demand (VOD), video interaktif, dan tayangan multi-screen.

Dikatakan Vice President of Tencent Cloud International and Managing Director Southeast Asia, Jimmy Chen, ia sangat senang dapat berkolaborasi dengan Tribun dalam proyek transformatif yang menggabungkan pengalaman berita di seluruh Indonesia. "Solusi komputasi awan (cloud computing) kami, ditambah dengan komitmen Tribun terhadap berita hyperlocal dan layanan yang berpusat pada pengguna, telah menghasilkan aplikasi super inovatif yang menetapkan standar baru dalam industri media berita. Kami menantikan hasil dan manfaat dari proyek inovatif ini yang membuat masyarakat Indonesia selalu up-to-date dalam konsumsi berita dan era digital,” jelasnya.

Sementara, CEO of Tribun Network, Dahlan Dahi mengungkapkan, kemitraan antara Tribun dan Tencent Cloud menandai era baru dalam distribusi berita, seiring dengan upaya kami untuk mempercepat perjalanan transformasi digital. "Dengan memanfaatkan keahlian Tencent Cloud dalam komputasi awan dan solusi media mutakhirnya, kami telah menciptakan aplikasi super yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna, namun juga menyediakan pengalaman berita dan media yang lancar dan personal," katanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year