telkomsel halo

Serangan phishing tumbuh 40 persen tahun lalu

05:12:00 | 15 Mar 2024
Serangan phishing tumbuh 40 persen tahun lalu
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Sistem anti-phishing Kaspersky menggagalkan lebih dari 709 juta upaya untuk mengakses situs web phishing dan penipuan pada tahun 2023, ini sekaligus menandai peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan angka tahun sebelumnya. Aplikasi perpesanan, platform kecerdasan buatan, layanan media sosial, dan pertukaran aset kripto merupakan beberapa jalur yang paling sering dieksploitasi oleh penyerang untuk menipu pengguna.

Analisis tahunan Kaspersky terhadap lanskap ancaman spam dan phishing mengungkapkan tren yang terus berlanjut pada tahun 2022: peningkatan tajam dalam serangan phishing. Jumlah ini terus meningkat pada tahun 2023, melonjak lebih dari 40 persen dan mencapai 709.590.011 upaya terkait akses tautan phishing. Selain lonjakan aktivitas phishing yang signifikan pada bulan Mei dan Juni, jumlah serangan terus meningkat sepanjang tahun. Tren ini mungkin ada kaitannya dengan dimulainya musim liburan, di mana penipu biasanya menyebarkan penipuan terkait travelling, seperti pemalsuan tiket pesawat, tur, dan penawaran hotel yang menggiurkan.

Integrasi luas teknologi yang menampilkan obrolan GPT bawaan telah memberikan peluang baru bagi para penipu untuk mengeksploitasinya. Namun, para penyerang tidak menyingkirkan taktik lama mereka. Perilisan acara, dan pemutaran perdana film terkenal, seperti Barbie dan Wonka, tetap menarik bagi para phisher dan penipu, yang situs web palsunya menjerat pengguna yang ingin mengakses film popular lebih cepat dari jadwal atau dengan harga diskon.

Para ahli Kaspersky telah mengamati lonjakan serangan yang menyebar melalui platform perpesanan. Solusi Kaspersky menggagalkan 62.127 upaya tautan phishing dan penipuan di Telegram, ini merupakan peningkatan signifikan dalam ancaman serupa sebesar 22% dibandingkan tahun lalu.

Seperti tahun sebelumnya, sebagian besar upaya pengalihan messenger melalui tautan phishing dan penipuan diblokir oleh solusi kami pada perangkat milik pengguna di Rusia. Brazil mempertahankan posisi kedua, menggandakan jumlah serangan phishing yang diblokir, diikuti oleh Turki, India, Jerman, dan Italia, dimana aktivitas phishing berbasis Telegram juga meningkat. Pengguna dari Meksiko kali ini menempati posisi ketujuh, menggusur Arab Saudi dari tujuh besar.

Menurut pakar keamanan di Kaspersky, Olga Svistunova, phishing tetap menjadi ancaman umum dalam lanskap digital saat ini, terus berkembang untuk menipu pengguna yang tidak menaruh curiga. "Kewaspadaan dan skeptisisme adalah pertahanan terkuat kita agar tidak menjadi korban skema berbahaya ini. Tetap berhati-hati, verifikasi sebelum Anda mengklik, dan lindungi identitas digital Anda," katanya.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan berbasis phishing, para ahli Kaspersky menyarankan hal-hal sebagai berikut:

    Hanya buka email dan klik tautan jika Anda yakin dapat mempercayai pengirimnya.

    Jika pengirimnya sah, namun isi pesannya tampak aneh, sebaiknya tanyakan kepada pengirimnya melalui sarana komunikasi alternatif.

    Periksa ejaan URL situs web jika Anda menduga adanya phishing. Jika ya, URL tersebut mungkin mengandung kesalahan yang sulit dikenali pada pandangan pertama, misalnya angka 1 bukan I atau 0 bukan O.

    Gunakan solusi keamanan yang terbukti saat menjelajahi web. Berkat akses terhadap sumber intelijen ancaman internasional, solusi ini mampu mendeteksi dan memblokir kampanye spam dan phishing. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year