telkomsel halo

Peruri akan disulap menjadi Government Technology Agency

09:52:09 | 07 Jan 2024
Peruri akan disulap menjadi Government Technology Agency
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian BUMN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap mendukung transformasi Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menjadi Government Technology Agency atau 'GovTech' Indonesia. Kedua kementerian berupaya mendorong akselerasi talenta guna menunjang langkah transformasi tersebut.

"Tentu ini kehormatan buat kami dari Kementerian BUMN, kita mendapat penugasan untuk percepatan transformasi Perum Peruri untuk menjadi 'Govtech' Indonesia yang kapabel dengan memastikan rekrutmen/mobilitas talenta digital utamanya yang sudah dimiliki BUMN," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya mendukung penuh kelahiran 'GovTech' dengan memaksimalkan pembangunan Portal Nasional. Dia juga menekankan pentingnya memahami prinsip transformasi digital.

"Prinsip pertama inklusif artinya seluruh warga negara Indonesia harus terlayani tanpa terkecuali. Kedua memberdayakan dan ketiga berkelanjutan. Itu yang penting," ujarnya.

Dia mengungkapkan kehadiran GovTech diperlukan sehingga mewujudkan digitalisasi layanan pemerintah yang terpadu dan terintegrasi. Budi menjelaskan nantinya portal nasional yang dibangun di bawah supervisi Kominfo berbasis citizen-centric. Dengan kata lain, masyarakat merupakan 'aktor' utama dalam pelayanan.

Diketahui, Kominfo mengemban tugas untuk melakukan pembinaan dan pengawasan dalam pembangunan aplikasi SPBE prioritas, sesuai dengan standar pembangunan aplikasi dan interoperabilitas data.

Setidaknya terdapat 9 aplikasi yang menjadi fokus SPBE prioritas meliputi, sektor layanan penerbitan SIM dan izin keramaian daring, bantuan sosial, layanan kesehatan, layanan pendidikan, identitas digital berbasis data kependudukan, layanan Satu Data Indonesia, transaksi keuangan, integrasi portal service dan layanan aparatur negara.

Di sisi lain, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menambahkan rekrutmen atau mobilitas talenta digital ke Perum Peruri diharapkan rampung di bulan Januari 2024. Talenta-talenta tersebut rencananya diambil dari tim digital instansi pemerintah, talenta digital BUMN, serta rekrutmen sumber daya manusia Perum Peruri.

Dia menuturkan Kementerian PAN-RB dan Kementerian BUMN telah sepakat untuk mengawal peningkatan kapabilitas Perum Peruri guna mendukung pelaksanaan penugasan. Tidak hanya dari sisi manajemen talenta, kata dia, Kementerian BUMN juga akan membantu memastikan hal-hal terkait hukum dan kerja sama yang diperlukan.

"Pada Perpres No. 82/2023 sudah memandatkan BUMN Peruri menjadi GovTech yang akan ditransformasi oleh Kementerian BUMN. Timeline sudah disusun, siapa mengerjakan apa, persiapannya apa, sudah dilakukan, dan hari ini ada komitmen luar biasa dari Pak Menteri BUMN untuk mengerjakan arahan Bapak Presiden," ungkapnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year