telkomsel halo

Orica dukung digitalisasi di sektor pertambangan

11:06:43 | 27 Dec 2023
Orica dukung digitalisasi di sektor pertambangan
JAKARTA (IndoTelko) - Orica meresmikan Orica Digital Solutions Centre pertama di Asia, yang berlokasi di Kantor Pusat Orica Asia di Jakarta. Digital Solutions Centre ini akan berfungsi sebagai pusat solusi digital inovatif Orica, yang termasuk:

1) BlastIQ: Platform berbasis cloud yang aman untuk memfasilitasi penyimpanan, pengelolaan, pengkategorisasian, dan referensi yang efektif atas semua informasi terkait aktivitas blasting.
2) FRAGTrack Gantry: Pelopor inovasi perangkat bagi truk angkut material tambang (haul truck) yang menggabungkan sistem deteksi secara real-time sehingga memungkinkan pengalihan jika diperlukan.
3) Integrated Extraction Simulator (IES): Perangkat simulator yang menampilkan optimalisasi keseluruhan proses tambang yang mampu menilai skenario rantai pasok secara jangka pendek maupun komprehensif dengan cepat.
4) OREPRO 3D Predict: Perangkat lunak yang secara prediktif memodelkan pergerakan blasting tanpa perlu perangkat keras atau kegiatan survey lapangan, yang memungkinkan desain blasting berulang dan meningkatkan kendali atas kualitas hasil material tambang.

Fasilitas ini menunjukkan komitmen Orica untuk mendorong transformasi digital di seluruh rantai pasok pertambangan dengan menawarkan pengalaman langsung kepada pelanggan terhadap solusi canggih yang mengintegrasikan perangkat lunak, sensor, dan data science. Inovasi ini menunjukkan dedikasi Orica terhadap alur kerja hulu ke hilir yang terintegrasi secara digital di seluruh proses pertambangan yang memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Orica berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik kepada pelanggan dengan memelopori solusi digital yang memberi standar baru bagi industri, memprioritaskan keselamatan dan produktivitas, serta mendorong praktik berkelanjutan.

Orica Group Executive & President Asia & Chemicals, Adam Hall mengungkapkan sebagai wilayah dengan pertumbuhan tercepat di Orica, Orica Asia menyadari peran kemajuan digital dalam mendorong perkembangan industri pertambangan.

“Dengan lebih dari 400 penerapan di seluruh dunia, termasuk negara-negara Asia seperti Mongolia, Tiongkok, India, Filipina, dan Indonesia yang telah menggunakan solusi digital Orica, kami mendirikan Orica Digital Solutions Centre di Jakarta. Indonesia tidak hanya memegang peranan kunci di sektor pertambangan global, namun juga menjadi bagian penting dari Orica dengan lebih dari 500 karyawan di bidang pemantauan radar, manufaktur, dan layanan pertambangan. Kami juga menjadikan Indonesia sebagai Kantor Pusat Regional Orica. Indonesia memiliki tempat khusus di hati kami, sehingga mendorong kami untuk terus berinvestasi dan mengupayakan pertumbuhan bisnis kami,” katanya.

Country Director Orica Indonesia, Damien Marik menegaskan komitmen Orica untuk industri pertambangan Indonesia sejak akhir 90-an telah membentuk jalur transformatif, dan melalui keberhasilan inovasi digital dan blasting, mengukir tonggak baru di industri ini. “Orica Digital Solutions Centre membuka kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk menyaksikan dan mendapatkan pengalaman langsung terhadap solusi digital Orica. Inovasi ini akan mengoptimalkan operasi, meningkatkan keselamatan, menyederhanakan proses, sekaligus merevolusi keseluruhan wajah industri pertambangan,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year