telkomsel halo

KBank komit jadi mitra finansial yang tepat bagi bisnis di Indonesia

05:53:00 | 25 Dec 2023
KBank komit jadi mitra finansial yang tepat bagi bisnis di Indonesia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Lembaga keuangan terkemuka di Thailand, KBank, mengumumkan komitmennya untuk menjadi mitra keuangan yang tepat dan mitra bisnis holistik bagi nasabahnya menyusul investasi tambahan KBank di Bank Maspion. Melalui penguatan kolaborasi ini, KBank berupaya meningkatkan pertumbuhan kredit di Indonesia dan memperkuat dukungannya terhadap korporasi dan UMKM dengan menerapkan serangkaian inisiatif strategis yang bertujuan untuk memberdayakan dunia usaha dalam menghadapi tantangan ekonomi, memanfaatkan peluang, dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Dikatakan Executive Vice President KBank Pattarapong Kanhasuwan, visinya berkembang, tak hanya untuk menjadi mitra finansial, tetapi juga mitra bisnis bagi nasabah. "KBank berkomitmen untuk mengintegrasikan diri ke dalam ekosistem nasabah kami dan mengembangkan solusi keuangan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan operasional bisnis mereka. Selain itu, kami juga berkomitmen memperluas penawaran kami di luar perbankan tradisional, menyediakan layanan non-keuangan bernilai tambah yang mendukung nasabah kami dalam mengembangkan bisnis mereka," katanya.

KBank menyadari pentingnya peran nasabah korporasi dalam membentuk perekonomian Indonesia. Menurutnya, berkolaborasi dengan mitra keuangan yang tepat dapat memberdayakan perusahaan besar untuk berkontribusi terhadap perekonomian secara berkelanjutan, menavigasi tantangan ekonomi, beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, dan membangun relasi penting baik secara lokal maupun global.

KBank akan fokus pada peningkatan model penjualan dan layanan Bank Maspion untuk memperdalam hubungan dengan nasabah, meningkatkan waktu respons, dan memperdalam pemahaman tentang operasional nasabah, serta memanfaatkan data untuk menciptakan solusi keuangan guna mendukung pertumbuhan secara efektif.

KBank juga akan membantu menyempurnakan produk dan layanan Bank Maspion, termasuk produk kredit, FX, pembiayaan perdagangan, dan produk penjaminan, sehingga memposisikan Bank Maspion sebagai penyedia layanan keuangan terpadu. Selain itu, Bank Maspion akan terus memanfaatkan jaringan dan keahlian AEC+3 KBank untuk memfasilitasi hubungan bisnis di Indonesia dan seluruh kawasan ASEAN.

Bagi UMKM, KBank akan terus menyederhanakan akses kredit dan perbankan dengan meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanan yang inovatif. KBank dan Bank Maspion telah menerapkan alat verifikasi pendapatan dan peminjaman untuk mempercepat proses permohonan kredit dengan tetap menjaga analisis kredit yang pruden. Untuk membantu UMKM mengelola operasional sehari-hari dengan lebih efisien, KBank dan Bank Maspion telah mengembangkan solusi seperti QRIS, invoice financing, dan embedded finance.

KBank bertujuan untuk melampaui dukungan finansial dan menjadi penyedia solusi terintegrasi bagi UMKM dengan menawarkan konsultasi bisnis dan dukungan pertumbuhan berkelanjutan. KBank dan Bank Maspion memperluas strategi ini untuk turut memberikan manfaat bagi nasabah ritel. Memanfaatkan keahlian KBank dalam mobile banking, Bank Maspion akan mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan nasabah serta membentuk ekosistem dengan para mitra untuk menghasilkan peluang bisnis baru dan menawarkan peningkatan aksesibilitas terhadap solusi keuangan inovatif bagi nasabah ritel.

DItegaskan Pattarapong, KBank menyadari pentingnya pemberdayaan UMKM karena mereka adalah urat nadi perekonomian Indonesia. Meskipun mereka menjadi mayoritas dari bisnis dalam negeri, mereka selalu menghadapi tantangan dalam mengakses kredit. Hal ini menunjukkan perlunya lembaga keuangan seperti KBank dan Bank Maspion untuk mengembangkan solusi yang dirancang khusus untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM. Dengan demikian, Bank Maspion berupaya untuk terus memanfaatkan kekuatan KBank dalam pinjaman UKM untuk meningkatkan layanannya, mengurangi waktu respons, menyederhanakan proses kredit, dan meningkatkan aksesibilitas nasabah melalui pengembangan alat dan saluran digital.

KBank baru-baru ini meningkatkan investasinya di Bank Maspion, menambah total modal bank asal Surabaya tersebut menjadi Rp6,7 triliun dan meningkatkan klasifikasi modal inti dari KBMI 1 menjadi KBMI 2. Saat ini, KBank memegang 84,55% saham di Bank Maspion. Dengan peningkatan basis modal, Bank Maspion siap untuk mendukung berbagai nasabah, termasuk korporat, entitas komersial besar, pembiayaan proyek, dan kredit sindikasi. Pencapaian ini juga membuka jalan bagi KBank untuk mencapai tujuan penggandaan portofolio pinjamannya menjadi Rp30 triliun pada 2025, naik dari Rp14 triliun pada akhir 2023.

Dengan membantu beragam jenis bisnis untuk memanfaatkan peluang, KBank melanjutkan komitmennya untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai mitra keuangan dan bisnis yang dapat diandalkan. Ke depannya, KBank akan semakin memperkuat kolaborasi dengan Bank Maspion untuk memberikan solusi inovatif dan canggih yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia yang terus berkembang. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year