telkomsel halo

OpenSignal: Kualitas Biznet teratas untuk fixed broadband di Indonesia

05:15:00 | 18 Dec 2023
OpenSignal: Kualitas Biznet teratas untuk fixed broadband di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Opensignal baru saja mengelurkan laporan pengalaman penggunanya di Indonesia pada awal Desember 2023.

Analis Opensignal Hardik Khatri mengungkapkan riset dilakukan di seluruh Jawa dan 10 kota — Jakarta, Surabaya, Kota Bandung, Semarang, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Medan, dan Kota Tangerang.

Opensignal menganalisis empat ukuran yang berbeda dari pengalaman penggun yakni: Pengalaman Video Broadband, Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Puncak Unduhan Broadband, dan Kecepatan Unggahan Broadband.

Hasilnya ditemukana pengguna First Media dan Oxygen.ID di Jawa memiliki Pengalaman Video Broadband terbaik di antara penyedia yang dibandingkan, dengan pengalaman yang ditempatkan dalam kategori ‘Baik’ — ini berarti bahwa mereka, secara rata-rata, dapat melakukan streaming video dengan resolusi 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit penundaan.

Biznet memiliki keunggulan dalam metrik terkait kecepatan di Jawa, mengklaim posisi teratas untuk Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband, dengan sedikit keunggulan atas First Media dan keunggulan signifikan atas pesaing lainnya.

Selain itu, Biznet berbagi posisi teratas dengan First Media dalam Kecepatan Unduhan Puncak Broadband dengan skor yang seimbang secara statistik yaitu 99,8-110,9Mbps.

Biznet menduduki peringkat teratas dalam hal kecepatan unduhan dan unggahan di sebagian besar kota yang diteliti dan memiliki pengalaman terdepan di 29 dari 30 perbandingan yang telah kami buat (untuk Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Unggahan Broadband, dan Pengalaman Video Broadband), sebagian besar menempati posisi pertama dengan keunggulan yang kuat atas para pesaingnya.

First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering berada di antara yang teratas.

Di Jawa, First Media dan Oxygen.ID berbagi posisi teratas untuk Pengalaman Video Broadband, dengan skor seimbang secara statistik sebesar 66,3-66,6 poin pada skala 100 poin. Hal ini membuat mereka unggul tipis sekitar 1,2 poin atas MNC Play, Biznet, CBN, dan MyRepublic, yang seimbang berada di peringkat ketiga dengan skor di kisaran 64,8-65,5 poin. Baik pemenang maupun runner-up menempati kategori Baik (58-68), menunjukkan bahwa pengguna kami, rata-rata, dapat melakukan streaming video pada resolusi 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit penundaan.

Biznet meraih kemenangan langsung untuk Kecepatan Unduhan Broadband dengan kecepatan 29,3Mbps, mengalahkan First Media, pesaing di posisi kedua, dengan selisih tipis sebesar 1Mbps.

Selain itu, Biznet dan First Media memiliki statistik yang sama untuk Kecepatan Unduhan Puncak Broadband, dengan skor mengesankan sebesar 99,8-110,9Mbps. Mere mengalahkan pemegang posisi ketiga yang imbang — Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen.ID, yang skornya berada di kisaran 72,5-91,5Mbps — dengan keunggulan sekitar 20,5Mbps.

Biznet juga menjadi yang terdepan dalam Kecepatan Unggahan Broadband dengan kemenangan langsung, di mana pengguna Biznet kami mengalami kecepatan unggah rata-rata sebesar 20,2Mbps — sekitar 3,9Mbps atau 24,1% lebih cepat dari 15,9-16,7Mbps yang terlihat pada dua penyedia yang secara statistik seimbang di posisi kedua — myRepublic dan Oxygen.id.

Biznet memimpin dalam pengalaman Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband (baik secara langsung maupun bersama-sama) di seluruh kota yang diteliti — Jakarta, Surabaya, Kota Bandung, Semarang, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Medan, dan Kota Tangerang. First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering menjadi yang teratas (di 9 dari 10 kota).

Biznet secara konsisten mendapat peringkat tinggi, dari 30 perbandingan yang kami buat, Biznet memiliki pengalaman terdepan dalam 29 perbandingan, baik secara langsung atau secara statistik seimbang dengan penyedia lainnya.

Biznet adalah pemenang langsung untuk Kecepatan Unduhan Broadband di Jakarta, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, dan Depok dengan kecepatan mencapai hingga 39,7Mbps. First Media bersaing ketat, berbagi posisi teratas di Surabaya dan Semarang. Biznet memimpin dengan 6,6Mbps hingga 10,1Mbps di kota-kota di mana penyedia ini memenangkan Kecepatan Unduhan Broadband secara langsung.

Biznet juga menduduki peringkat pertama di seluruh kota yang telah kami analisis untuk Kecepatan Unggahan Broadband — baik secara langsung maupun bersama-sama. Di mana penyedia ini menang secara langsung, meraka melakukannya dengan margin yang mengesankan. Misalnya, di Kota Bekasi dan Tangerang Selatan, masing-masing memimpin sekitar 9,4Mbps dan sekitar 9,8Mbps. Rata-rata kecepatan unggah yang dialami oleh pengguna Biznet kami berkisar antara 16,2 hingga 28,6Mbps di seluruh kota.

Opensignal menangkap pengukuran pengguna di semua arsitektur jaringan broadband, termasuk fiber (FTTx), xDSL, kabel, akses nirkabel tetap (FWA) melalui 4G dan 5G, serta satelit, dan melaporkan evaluasi holistik atas pengalaman pengguna kami dengan penyedia layanan internet yang terdaftar.

"Kami hanya memasukkan penyedia fixed broadband terbesar berdasarkan pangsa pasar di setiap wilayah, yang ditentukan oleh banyaknya basis pengguna," jelasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year