telkomsel halo

Home Credit ungkap dampak Pemilu 2024 terhadap pengeluaran konsumen

02:30:00 | 18 Dec 2023
Home Credit ungkap dampak Pemilu 2024 terhadap pengeluaran konsumen
JAKARTA (IndoTelko) - Riset internal yang dilakukan oleh PT Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, pada November 2023 dengan responden lebih dari 2.000 orang, menunjukkan proyeksi berbagai rencana pengeluaran responden tersebut beserta sumber dana yang akan digunakan pada 2024, dan proyeksi dampak Pemilu 2024 terhadap kondisi finansial mereka.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa 83% responden memperkirakan momen Pemilu 2024 tidak akan berdampak terhadap kondisi finansial individu, 10% memperkirakan kondisi finansial membaik dan 7% memperkirakan kondisi finansial menurun.

Dalam riset yang sama terungkap bahwa responden memiliki rencana di tahun 2024 untuk membuka usaha baru atau mengembangkan bisnis yang telah dimiliki (37%), kemudian membeli perangkat seperti smartphone atau gadget (15%), liburan ke luar kota (13%), membeli peralatan elektronik rumah tangga (11%), membeli furnitur (10%) hingga membeli laptop atau komputer (8%).

“Dalam memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, masyarakat menyiapkan berbagai sumber dana yang bervariasi. Untuk pembelian smartphone, misalnya, responden memilih untuk menggunakan gaji bulanan (62%), lalu pembiayaan barang (36%), tabungan (25%) dan sebagainya.

Pilihan sumber dana yang hampir sama juga digunakan oleh responden untuk membeli berbagai kebutuhan lainnya seperti peralatan elektronik rumah tangga, furnitur hingga laptop atau komputer. Pembiayaan barang menjadi salah satu pilihan teratas ketika membeli berbagai barang tersebut,” kata Chief Marketing & Digital Officer Home Credit Sheldon Chuan.

Sumber dana yang akan dipilih oleh responden di tahun 2024 sesuai dengan kondisi dan tujuan keuangan mereka. Salah satu responden di antaranya mengungkapkan bahwa layanan pembiayaan barang Home Credit dipilih untuk pembelian barang seperti smartphone karena metode cicilan barang membantu dirinya untuk menggunakan dana pribadi untuk kebutuhan lain. Di samping itu, layanan pembiayaan barang Home Credit dapat membantu masyarakat untuk mengatur arus kas keuangan pribadinya.

“Home Credit berkomitmen untuk terus membuka kesempatan-kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia melalui penyediaan layanan pembiayaan. Komitmen itu salah satunya diwujudkan dalam penyediaan berbagai promo menarik, termasuk Promo Semarak Belanja Hemat di mana pelanggan bisa mendapatkan diskon spesial sebesar Rp100.000 pasti dapat, tanpa syarat dari Home Credit di seluruh toko yang menyediakan layanan pembiayaan barang Home Credit, serta diskon tambahan sehingga pelanggan bisa memperoleh diskon hingga Rp500.000 di mitra tertentu selama periode 1 Desember 2023-31 Januari 2024,” kata Sheldon.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year