telkomsel halo

Podcast menjadi sarana mencari inspirasi dan belajar

07:06:14 | 24 Nov 2023
Podcast menjadi sarana mencari inspirasi dan belajar
JAKARTA (IndoTelko) - Populix meluncurkan laporan survei berjudul “Podcast Trends Unveiled: Indonesia's Podcast Streaming Habits” yang mengungkap kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengakses podcast sebagai sumber informasi dan hiburan baru.

Dalam laporan ini, Populix menemukan bahwa mayoritas responden mengakses podcast sebanyak 4-6 kali dalam seminggu. Selain itu, YouTube dan Spotify menjadi platform yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia dalam menikmati konten podcast.

“Melalui laporan ini kami melihat bahwa saat ini podcast telah menjadi salah satu konten digital yang populer di Indonesia, baik dalam bentuk video maupun audio. Masyarakat Indonesia mengakses podcast untuk mencari inspirasi, hiburan, informasi terbaru, atau bahkan sekedar mengisi waktu luang mereka. Naiknya popularitas podcast tidak dapat dipisahkan dari faktor-faktor, seperti kemudahan dalam mengakses kontennya, hingga beragam konten menarik dan berkualitas yang ditawarkan. Pertumbuhan kreator konten dan audiens di Indonesia pun menjadikan podcast semakin trending digunakan. Hal ini terlihat dari hasil survei yang menyebutkan mayoritas responden menyukai konten podcast dengan kehadiran KOL di siaran tersebut,” ungkap Co-Founder dan CEO Populix Dr. Timothy Astandu.

Survei menunjukkan rata-rata responden mendengarkan podcast sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dengan mayoritas responden (49%) mendengarkan podcast 4-6 kali dalam seminggu. Responden biasa mengakses podcast pada waktu-waktu istirahat sepulang beraktivitas, yaitu pukul 20.00-22.00 (44%) dan pukul 17.00-20.00 (29%). Adapun durasi podcast yang ideal menurut mayoritas responden berkisar antara 20-60 menit per episode.

Dalam menikmati podcast, mayoritas responden lebih memilih podcast dalam format video. Hal ini terlihat dari 48% responden yang mengatakan lebih menyukai podcast dalam bentuk video, 35% menikmati baik podcast dalam bentuk video maupun audio, dan 17% yang lebih memilih mendengarkan podcast audio saja (17%). YouTube (81%) unggul sebagai platform yang paling digemari responden untuk mendengarkan podcast video, disusul oleh TikTok (10%), Instagram Reels (3%), dan Snack Video (2%). Sementara itu, platform yang paling sering digunakan responden untuk mendengarkan podcast dalam format audio adalah Spotify (72%), disusul dengan Noice (15%), Google Podcast (8%), Apple Podcasts (2%), Overcast (1%), Anchor (1%), Player.fm (1%) dan Soundcloud (1%).

Survei ini juga mengungkap jenis konten podcast pilihan responden yaitu interview antara host dengan key opinion leaders/KOL (75%), podcast dengan lebih dari satu host (57%) dan podcast monolog (39%). Genre podcast yang paling disukai responden yaitu komedi dengan 67% responden yang memilih, diikuti dengan motivasi & inspirasi (62%), pengembangan diri (60%), kesehatan & gaya hidup (52%), horor & misteri (47%), teknologi (42%), cerita & drama (39%), edukasi (38%), bisnis (37%), sosial budaya (37%), keluarga & romansa (33%), religi (32%), berita & politik (30%) dan olahraga (28%).

“Temuan-temuan ini menyiratkan tumbuhnya podcast sebagai channel marketing baru yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri. Dengan konten dan pilihan KOL yang tepat, podcast dapat menjangkau target audiens secara efektif, baik dalam bentuk video maupun audio,” tutup Timothy.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year