telkomsel halo

Laju pendanaan untuk startup terus melambat

08:30:26 | 17 Nov 2023
Laju pendanaan untuk startup terus melambat
JAKARTA (IndoTelko) - AC Ventures dan Bain & Company merilis laporan bersama tentang lanskap modal ventura (VC) di Indonesia.

Dalam laporan berjudul “Indonesia Venture Capital 2023” terungkap selama 12 bulan terakhir, terjadi penyesuaian pasar yang didorong terutama oleh hambatan makro ekonomi global.

Meskipun arus kesepakatan meningkat pada tahun 2021, ketidakpastian makroekonomi yang meningkat membuat kehati-hatian dalam momentum investasi dan efek jangkauan dari paruh kedua tahun 2022 mengakibatkan penurunan jumlah kesepakatan dan penurunan besaran kesepakatan.

Meskipun pada waktu itu ada tingkat optimisme yang berhati-hati, proyeksi untuk tahun 2023 sekarang menjadi lebih menenangkan dengan perkiraan penurunan nilai kesepakatan sebesar 70% hingga 80% dibandingkan tahun sebelumnya.

Laju pendanaan pada tahun 2023 tetap lambat hingga kuartal ketiga 2023 berada pada 0,3x dibandingkan dengan kuartal ketiga 2022.

Meskipun tahun ini sulit bagi sektor VC, prospek pertumbuhan secara keseluruhan positif mengingat lanskap VC Indonesia secara keseluruhan memasuki tahap yang lebih matang.

Setelah lonjakan investasi VC yang didorong oleh kembalinya kepercayaan investor selama 2020-2021, investor sekarang lebih terukur dan rasional dalam pendekatannya.

Laporan ini menyoroti pergeseran signifikan dalam prioritas investor, dengan menekankan startup yang menunjukkan ekonomi unit yang kuat, valuasi yang lebih kecil, dan jalan yang jelas menuju profitabilitas. Ini juga dibuktikan oleh penurunan tingkat konversi dari putaran pendanaan seed ke seri A/B.

Salah satu wawasan yang menonjol dari laporan ini adalah ketahanan Indonesia terhadap tren global. Sementara nilai kesepakatan VC global menghadapi penurunan sebesar 20% hingga 40%, Indonesia mempertahankan nilai kesepakatan VC yang stabil pada tahun 2022 secara year-over-year (YoY) sebesar US$3,6 miliar.

Selain itu, kepulauan ini mencatat peningkatan volume kesepakatan sebesar 20% YoY pada tahun yang sama.

Fondasi makroekonomi yang menarik menunjukkan bahwa Indonesia tetap menjadi titik terang di wilayah ini dan akan memberikan iklim yang menguntungkan bagi startup di negara ini.

Dengan kelas menengah yang muda dan berkembang, PDB per kapita Indonesia tumbuh sebesar 4,6% pada tahun 2022. Konsumsi rumah tangga, penggerak ekonomi yang signifikan, menyumbang sebesar 55,6% dari PDB. Ekonomi digital berada pada lintasan naik, mencapai US$77 miliar pada tahun 2022.

Agar Indonesia tetap pada lintasan pertumbuhannya, perlu menghadapi hambatan makro seperti ketegangan terus-menerus antara AS dan Tiongkok, pemilihan 2024 yang akan datang, peningkatan tekanan pada pemain teknologi besar untuk mencapai profitabilitas, dan lanskap regulasi yang berkembang.

Laporan ini juga memberikan wawasan mendalam tentang tema investasi kunci. Sementara bisnis berbasis platform di sektor seperti e-commerce dan mobilitas mendominasi sebelum tahun 2020, terjadi pergeseran yang terlihat menuju subsektor fintech dan model ritel baru seperti direct-to-consumer (D2C) selama 2020-2022, yang didorong terutama oleh peningkatan adopsi digital selama pandemi Covid-19.

Tema investasi yang muncul untuk tahun 2023 dan seterusnya menunjukkan peningkatan fokus pada ESG, teknologi iklim, kendaraan listrik, teknologi kesehatan, dan merek D2C.

Pandangan keluar juga menyoroti bahwa preferensi tradisional untuk penjualan perdagangan sedang beralih ke tren naik dalam initial public offering (IPO). Namun, tekanan pasar dan lingkungan pendanaan pasca-2022 berpotensi meredam semangat sekitar mega-IPO.

Laporan ini menyarankan adanya peningkatan mendadak dalam industri VC Indonesia. Kesepakatan tahap awal, terutama di sektor berkembang seperti mobilitas listrik dan perawatan kesehatan, diperkirakan akan mendominasi aktivitas VC dalam jangka pendek.

Startup tahap akhir kemungkinan akan memperbarui strategi mereka, menekankan profitabilitas di atas segalanya. Dengan proyeksi ekonomi digital menyentuh US$360 miliar pada tahun 2030 dan inisiatif seperti peluncuran IDXCarbon menandakan komitmen Indonesia untuk masa depan net-zero, investor global memiliki alasan untuk optimis tentang Indonesia.

Founder AC Ventures, Adrian Li, mengatakan hasil laporan ini mencerminkan evolusi VC Indonesia di tengah ketidakpastian global. “Meskipun tantangan tetap ada, ketahanan Indonesia bersinar saat investor memberikan prioritas pada startup dengan fundamental yang solid dan profitabilitas. Dengan sejumlah sektor yang muncul dan komitmen yang kuat untuk masa depan yang berkelanjutan, Indonesia tetap menjadi pusat yang menjanjikan bagi investor teknologi global,” katanya.

Mitra di Bain & Company Tom Kidd menambahkan hasil penelitian menyoroti optimisme bersama terhadap daya tarik jangka panjang Indonesia sebagai tujuan investasi. “Hambatan makro dan lingkungan pendanaan yang lebih sulit akan membantu membentuk ekosistem yang lebih kuat dan tahan lama, dan pertumbuhan masa depan akan dihasilkan oleh serangkaian peluang di sektor-sektor berkembang bersama dengan basis investor yang semakin matang siap menyediakan modal bagi perusahaan-perusahaan tersebut,” tutupnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year