telkomsel halo

BDDC andalkan platform data center dalam kota

07:56:00 | 16 May 2023
BDDC andalkan platform data center dalam kota
JAKARTA (IndoTelko) - Bersama Digital Data Centres (BDDC) memperkenalkan platform data center dalam kota (in-town)guna mendukung percepatan dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur digital yang diperlukan oleh berbagai sektor di Indonesia.

BDDC mengakuisisi dua data center dalam kota yakni PT Rumah Data Kita dari ProCap Properti (JST Site) dan PT PCDC Propco One (JBT Site) AtriaDC dari Saratoga.

Presiden Komisaris Bersama Digital Data Centres (BDDC) Setyanto Hantoro menjelaskan, pembentukan BDDC yang diawali oleh akuisisi dua data center dalam kota untuk menciptakan kekuatan baru yang mampu memberikan nilai tambah, baik bagi pelaku usaha dalam negeri maupun perusahaan multinasional di Indonesia.

"Kami bersyukur dapat memperkenalkan BDDC kepada masyarakat Indonesia yang semakin memiliki ketergantungan tinggi terhadap digitalisasi. Dukungan BDIA yang merupakan representasi dari Provident Capital (Provident), Saratoga, dan Macquarie Asset Management akan semakin memantapkan posisi BDDC sebagai data center dalam kota terbesar di Indonesia," kata Setyanto.

Setyanto mengatakan, BDDC berada dalam sebuah ekosistem infrastruktur digital dan telekomunikasi yang dibangun oleh Provident dan Saratoga. Rekam jejak Provident dan Saratoga di industri infrastruktur digital, akan memperkuat posisi BDDC dengan terus menambah kapasitas dan lokasi data center yang mencapai 60 megawatt dalam beberapa tahun mendatang. Kebutuhan sumber dana diperkirakan mencapai sekitar US$600 juta.

"Harapan kami kehadiran BDDC akan terus mendorong proses digitalisasi Indonesia dengan lebih efisien dan ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Kami berterima kasih kepada para partner dan mitra pelanggan yang selalu percaya dan mendukung BDDC untuk terus meningkatkan kapasitas serta memberikan layanan terbaik," ujar Setyanto.

Presiden Direktur Bersama Digital Data Centres (BDDC) Angelo Syailendra mengungkapkan BDDC menyiapkan pusat data di lokasi strategis. Selain itu dilengkapi dengan interkonektivitas yang padat dan bervariasi untuk menunjang pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

"Interkonektivitas merupakan salah satu value utama dalam bisnis BDDC. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis para pengguna layanan data center kami, BDDC dibangun pada lokasi yang sangat strategis di pusat kota Jakarta dengan interkonektivitas tinggi serta didukung standar operasional dan sistem keamanan kredensial yang ketat," kata Angelo.

BDDC menyediakan empat keunggulan utama meliputi Interconnectivity, Scalability, Reliability, dan Sustainability. Pertama, pilihan interkonektivitas yang bervariasi dan ekosistem yang beragam untuk kinerja yang optimal. Kedua, layanan BDDC mampu mendukung pertumbuhan pelanggan di berbagai lokasi strategis sesuai variasi dan skala kebutuhan.

Ketiga, tim yang berpengalaman, dukungan infrastruktur yang handal. Keempat BDDC turut menyiapkan masa depan dengan menjaga keberlanjutan melalui penggunaan teknologi ramah lingkungan.

Menurut Angelo, BDDC akan memperluas kapasitas dan pengembangan dua situs data center yang sudah ada, melalui kerjasama dengan berbagai penyedia konektivitas baik secara global maupun lokal. Kemampuan dalam menangani semua elemen yang diperlukan oleh pengguna, akan mendukung dan menjaga bisnis mereka tetap stabil di masa yang akan datang.

Ketua umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif menambahkan, kehadiran fasilitas pusat data BDDC akan semakin memperkuat industri pusat data di Indonesia jangka panjang. Tingkat penetrasi dan skala industri pusat data di Indonesia sejauh ini masih rendah.

Penetrasi pusat data di Indonesia masih mencapai 0,3 watt per kapita. Hal ini membuat penetrasi pusat data Indonesia menjadi salah satu yang terendah di Asia Pasifik. Kapasitas pusat data di Indonesia terhadap seluruh negara ASEAN-6 (Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina) juga baru setara 12,7%.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year