telkomsel halo

Pembajakan online bikin rugi negara US$29,2 miliar setahun

09:00:00 | 28 Jan 2022
Pembajakan online bikin rugi negara US$29,2 miliar setahun
JAKARTA (IndoTelko) -- Akamai Technologies, Inc. (NASDAQ: AKAM), solusi tepercaya di dunia untuk melindungi dan menghadirkan pengalaman digital hari ini merilis riset baru yang menyajikan detail dari ketahanan kegiatan pembajakan online. “Pirates in the Outfield” adalah laporan State of the Internet/Security terkini dari Akamai yang membahas lanskap pembajakan yang terus berubah. 

Menurut Pusat Kebijakan Inovasi Global Kamar Dagang AS, akan menyebabkan kerugian sebesar $29,2 miliar terhadap ekonomi AS akibat hilangnya pendapatan setiap tahun. Laporan baru ini merupakan kolaborasi antara Akamai dan MUSO, yang menyajikan data mengenai kegiatan pembajakan melalui streaming dan pengunduhan di berbagai industri.

Riset ini menunjukkan bahwa pembajakan online terus menjadi praktik yang lazim dan berdampak buruk bagi keuangan di beragam industri. Antara Januari dan September 2021, permintaan pembajakan global—yang diukur dengan angka kunjungan ke berbagai situs web yang menawarkan akses ke film dan acara televisi, baik melalui browser atau aplikasi seluler, serta angka pengunduhan melalui platform Torrent—mencapai angka 3,7 miliar untuk jumlah streaming dan pengunduhan tanpa lisensi resmi. Menurut riset ini, 61,5% konsumen yang berkunjung ke situs pembajakan mengakses situs tersebut secara langsung, sementara 28,6% aktif mencari situs tersebut.

“Perjuangan melawan pembajakan tidak pernah berhenti, dan tidak ada senjata pemungkas untuk mengatasi setiap jenis pembajakan online. Seiring pengembang konten bertambah lihai dalam melindungi konten mereka dari pembajakan, para pelaku kriminal mengadaptasikan metode mereka untuk mengakses konten yang dilindungi,” ucap Steve Ragan, peneliti keamanan di Akamai dan penulis laporan ini. 

“Pembajakan tidak hanya berdampak pada pencurian film dan konten lainnya. Dampak sebenarnya terjadi di belakang layar dan mengakibatkan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film, buku, dan perangkat lunak yang kita gunakan dan nikmati kehilangan pendapatan.” tambahnya.

Skala pembajakan online yang dijelaskan di laporan ini menguraikan salah satu masalah paling sulit dan kompleks yang harus dihadapi oleh banyak perusahaan. Selagi media, penerbitan, dan perusahaan layanan digital lainnya berfokus untuk melindungi pendapatan karena perubahan perilaku konsumen, sangat penting bagi kita untuk memahami ancaman lanskap pembajakan agar dapat berhasil memitigasi risiko. Pembajakan menimbulkan masalah keamanan secara internal di organisasi dan sebagai vektor potensi serangan lain yang harus dicegah agar tidak terjadi pelanggaran hak kekayaan intelektual (HKI) penting.

“Saat membahas masalah pembajakan yang terjadi secara global dan di seluruh industri film, TV, perangkat lunak, penerbitan, dan musik, jelas terlihat betapa luasnya skala pembajakan ini. Mungkin yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa pembajakan masih menjadi masalah yang kian berkembang di banyak area, dengan peningkatan secara keseluruhan sebesar 16% dalam jangka waktu sembilan bulan terakhir,” kata James Mason, CTO MUSO. 

“Seperti yang ditekankan oleh kemitraan kami dengan Akamai dalam laporan ini, bekerja sama untuk memahami secara mendalam tren terbaru dalam ekosistem pembajakan yang selalu berubah adalah kunci untuk membentuk strategi anti-pembajakan yang efektif, sebagai ganti upaya memberantas pembajakan secara tersegmentasi.” tutupnya. (SYR)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year