Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

IBM punya teknologi chip 2 nanometer

05:32:06 | 07 May 2021
IBM punya teknologi chip 2 nanometer
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – IBM mengumumkan terobosan dalam desain dan proses semikonduktor dengan pengembangan chip pertama di dunia yang diketahui memiliki teknologi lembaran nano sebesar 2 nanometer (nm). Semikonduktor memainkan peran penting dalam segala hal mulai dari peralatan hingga perangkat komunikasi, sistem transportasi, dan infrastruktur penting.

Permintaan untuk peningkatan kinerja chip dan efisiensi energi terus meningkat, terutama di era hybrid cloud, Artificial Intelligence (AI), dan Internet of Things. Desain 2 nm IBM yang baru ini membantu meningkatkan industri semikonduktor yang sangat bergengsi dalam memenuhi kebutuhan. Dan diproyeksikan bisa mencapai kinerja 45 persen lebih tinggi dan penggunaan energi 75 persen lebih rendah daripada chip 7 nm yang ada saat ini (berdasarkan peta jalan penskalaan standar industri yang diproyeksikan).

Potensi manfaat dari chip 2 nm tercanggih ini meliputi:
· Meningkatkan empat kali lipat (Quadruple) masa pakai sel baterai, hanya membutukan pengguna untuk melakukan pengisian perangkat mereka sekali dalam empat hari (berdasarkan statistik penggunaan saat ini pada telepon selular berbasisi 7 nm)

· Mengurangi jejak karbon data centers, dimana hal ini terhitung sebesar satu persen dari penggunaan energi di dunia. Dengan mengganti server mereka ke prosesore berbasis 2 nm dapat berpotensi mengurangi angka tersebut secara signifikan.

· Secara drastis mempercepat fungsi laptop, mulai dari proses aplikasi yang lebih cepat, asistensi dalam menerjemahkan bahasa dengan mudah, hingga akses internet yang lebih cepat.

· Berkontribusi terhadap deteksi sebuah objek dengan lebih cepat dan waktu bereaksi pada kendaraan otomatis seperti mobil yang bisa berjalan sendiri.

"Inovasi yang terdapat dalam chip baru ini penting untuk keseluruhan semikonduktor dan industri IT. Chip ini adalah produk dari pendekatan IBM dalam mengambil tantangan teknologi yang sulit dan menunjukkan bagaimana sebuah terobosan dapat menghasilkan investasi yang berkelanjutan dan kolaborasi pendekatan ekosistem Penelitian dan Pengembangan," ujar SVP and Director of IBM Research Dario Gil.  

Terobosan terbaru ini dibangun di atas kepemimpinan IBM selama beberapa dekade dalam inovasi semikonduktor. Upaya pengembangan semikonduktor perusahaan berbasis di lab penelitiannya yang berlokasi di Albany Nanotech Complex di Albany, NY, tempat para ilmuwan IBM bekerja sama erat dengan mitra sektor publik dan swasta untuk mendorong batas kemampuan penskalaan logika dan semikonduktor.

Pendekatan inovasi kolaboratif ini menjadikan IBM Research Albany sebagai ekosistem terdepan di dunia untuk penelitian semikonduktor dan menciptakan jalur inovasi yang kuat, membantu memenuhi permintaan manufaktur dan mempercepat pertumbuhan industri chip global.

Paket Semangat Kemerdekaan
Warisan terobosan semikonduktor IBM juga mencakup implementasi pertama dari teknologi proses 7 nm dan 5 nm, sel tunggal DRAM, Dennard Scallng Laws, fotoresis yang diperkuat secara kimia, kabel interkoneksi tembaga, teknologi Silikon pada Insulator (Silicon on Insulator), mikroprosesor multiinti, High-k gate dialectrics, DRAM tertanam, dan penumpukan chip 3D. Tawaran komersial pertama IBM termasuk kemajuan 7 nm IBM Research akan dikeluarkan untuk pertama kalinya dalam IBM POWER10 yang berbasisi IBM Power Systems.

Meningkatkan jumlah transistor per chip dapat membuatnya lebih kecil, lebih cepat, lebih andal, dan lebih efisien. Desain 2 nm IBM mendemonstrasikan skala lanjutan semikonduktor menggunakan teknologi nanosheet IBM. Arsitekturnya adalah yang pertama di industri. Dikembangkan kurang dari empat tahun setelah IBM mengumumkan pencapaian desain 5 nm. Terobosan terakhir ini memungkinkan chip 2 nm untuk dapat memuat 50 miliar transistor dalam sebuah chip seukuran kuku.

Lebih banyak transistor pada sebuah chip berarti perancang prosesor memiliki lebih banyak opsi untuk menanamkan inovasi tingkat inti yang meningkatkan kemampuan untuk beban kerja terdepan seperti AI dan cloud computing, serta jalur baru untuk keamanan dan enkripsi yang didukung perangkat keras. IBM telah menerapkan peningkatan tingkat inti inovatif lainnya pada perangkat keras IBM generasi terbaru, seperti IBM POWER10 dan IBM z15.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year